Pemkot Banda Aceh Diajak PT Pos Indonesia Kolaborasi Promosikan Produk UMKM Lokal Secara Digital

Pipnews.co.id, Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh Provinsi Aceh akan menggandeng PT Pos Indonesia berkolaborasi untuk ikut serta mempromosikan produk produk UMKM di Kota Banda Aceh khususnya dan provinsi DI Aceh pada umumnya.

Hal tersebut disampaikan Amirullah dalam keterangan pers seusai mengadakan pertemuan penjajakan kerjasama dengan  pihak PT Pos Indonesia (Persero). “Intinya, salah satu kerjasamanya Pos Indonesia mengendorse produk.lokal,” kata Amirulah di Banda Aceh (19/6).

Amirullah mengaku, sangat menyambut baik kolaborasi kerjasama digitalisasi promosi produk UMKM ini. Apalagi sampai saat ini persoalan promosi dan pemasaran masih menjadi problem.

“Soal kebutuhan permodalan dan kemasan produk, Alhamdulillah sudah bisa kita atasi. Tapi yang jadi masalah adalah soal promosi dan pemasaran masih problem,” ujarnya.

Amirullah berharap bersama Pos Indonesia, Banda Aceh bisa lebih menggencarkan kedua upaya tersebut. Terutama promosi secara digital di tengah e-commerce saat ini.

“Untuk tahap awal, kolaborasi  ini akan kita tuangkan dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU) untuk melakukan kerjasama seperti yang sudah berjalan dengan daerah lain,” kata Amirullah yang mantan Direktur Bank Aceh itu.

Terkait kerjasama ini, Walikota  itu juga memimra Pos Indonesia untuk membicarakannya lebih lanjut dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dan Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. “Soalnya, UMKM Banda Aceh memang sangat erat kaitannya dengan pariwisata,” imbuh Amirullah lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional I Sumatera Utara-Aceh Pos Indonesia Dino Ariyadi mengatakan, kerjasama serupa sudah pernah diterapkannya saat bertugas di Palembang. Di sana mereka sukses mempromosikan makanan khas pempek dengan pemerintah setempat.

“Pak Wali bisa mengirimkan produk produk unggulan UMKM Banda Aceh ke orang orang terkenal di negeri ini. Lalu kita promosikan lagi secara digital, lewat medsos dan lain sebagainya,” katanya.

Pos Indonesia kata Dino, memiliki kelebihan jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia, pihsknya pun bisa membebaskan ongkos kirim, seperti yang dilakukan di Sumatera Utara untuk produk produk UMKM di sekitaran danau toba.

Karena itu, pihaknya mendorong program tersebut dapat diluncurkan pada momen yang spesial, seperti Hut Kota nantinya. “Ini akan menjadi bukti kepedulian walikota dan Pos Indonesia terhadap UMKM lokal’,” pungkas Dino. (Yannes).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.