DaerahJawa Timur

Pemprov Jatim dan Dekopinwil Bersinergi Dukung Usaha Koperasi dan UKM Berkembang

Pipnews.co.id, Surabaya – Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tingkat Provinsi Jawa Timur dimeriahkan pagelaran budaya, wayang kulit semalam suntuk. “Kami mengapresiasi semua daerah dalam kegiatan seputar peringatan Harkopnas. Ini menandakan koperasi mulai dirasakan oleh masyarakat, khususnya di Jatim  akan manfaat ketika menjadi anggota koperasi,” ujar Ec Tri Harsono, Ketua Dekopinwil Jatim.

Ketua Dekopinwil Jatim, Drs Ec Tri Harsono

Ia menambahkan, selaku pimpinan Dekopinwil Jatim, pihaknya terus berusaha dan mendorong agar koperasi tumbuh dan berkembang. Dengan demikian koperasi akan mampu memberi kesejahteraan, khususnya bagi anggota. “Semoga melalui wayang kulit ini dapat memberi inspirasi bagi kita semua, bahwa koperasi tetap dihati masyarakat,” ujarnya lagi.

Menurutnya koperasi tetap bergandengan dengan akar budaya di tengah-tengah masyarakat. Khususnya wayang kulit, yakni budaya yang sudah lama tumbuh di Jawa. “Kita sebagai masyarakat gerakan koperasi akan terus menjaga nilai luhur dari para pendahulu kita,” tutupnya.

Dihadiri Ribuan Orang

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi dihadapan hadirin mengatakan, sebelum menikmati hiburan wayang kulit, pastinya masyarakat juga sudah menyaksikan rangkaian kegiatan lainnya. “Kami yakin masyarakat sebelum bertumpu saksikan pagelaran ini, sudah melihat beramai-ramai expo KUMKM. Dengan begitua masyarakat jadi tahu apa yang telah dilakukan oleh koperasi. Untuk itu mari kita doakan koperasi dan UMKM di Jawa Timur makin jaya,” paparnya.

Sedikitnya 2.000 orang penonton memadati halaman kantor Dekopinwil di Jalan  Raya Juanda, Semambung, Sidoarjo, Sabtu (27/7), menyaksikan kiprahnya salah satu dalang kondang dari Solo, Jawa Tengah, Ki M Bayu Aji Pamungkas ini.

Sekitar jam 23.00 Ki Dalang Bayu Aji pun melakukan interaksi dengan penonton, tentang apa yang telah dilakukan oleh Kopersi. Sekaligus mengajak Tri Harsono dan Mas Purnomo Hadi berdialog di panggung. Dalam dialog tersebut, Tri Harsono mengatakan akan berkomitmen untuk terus berupaya menerapkan tugas dan fungsi Dekopin, yaitu sebagai advokasi, fasilitasi dan edukasi.

Tri juga katakan sudah merespon perkembangan teknologi, terutama dalam rangka fasilitasi pasar terhadap produk Koperasi. “Dekopin telah membuat aplikasi berbasis android yang diberi nama TOMIKO (Toko Online Milik Koperasi) yang akan diresmikan pada acara puncak Harkop ke 72 di Grand City 7 Agustus mendatang,” jelasnya semangat.

Senada dengan Tri Harsono, Mas Purnomo juga mengungkapkan, kedepan akan memperkuat koperasi dari segala aspek. Diantaranya aspek kelembagaan, pasar, produk, manajemen dan lainnya.
Untuk mempersiapkan Revolusi Industri 4.0, pihaknya pun diakui telah membuat beberapa aplikasi yang bisa mempermudah akses pasar secara online, salah satunya OPOP (One Product dan One Pesantren). “OPOP ini merupakan hasil karya dari para santri di pesantren. Luar Biasa kan,” tutupnya bangga. (Anang).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button