Daerah

Penghargaan Kepada Tokoh Koperasi dan Koperasi Terbaik di Medan Dalam Rangka Harkop ke-73

Pipnews.co.id, Medan – Meskipun pelaksanaannya agak terlambat akibat terhalang pandemi Covid-19, akhirnya pemberian penghargaan terkait peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-73 di kota Medan, Sumatera Utara terlaksana juga. Penghargaan dibagi dalam empat kategori, yaitu Tokoh Koperasi, Pegiat Koperasi, Koperasi Terbaik dan Koperasi Sehat.

Pemberian penghargaan ini diberikan oleh Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT di Hotel Santika Medan pada Jumat 23 Oktober 2020. Hadir dalam acara ini Ketua Dewan Koperssi Daerah (Dekopinda) Kora Medan Tarmizi Lubis, Ketua Pusat Koperasi Pegawai RI (PKPRI) Muhammad Yunus Lubis dan ratusan orang pegiat koperasi dan pelaku UMKM sekota Medan.

Pjs Walikota Arief mengatakan, seyogiyanya

pemberian penghargaan dilaksakan beberapa bulan lalu, sesuai dengan puncak peringatan Harkop ke-73, yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2020. Tapi karena masa itu   masih berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi maka  pelaksanaannta disepakati diundur.

“Tapi momentum peringatan kali ini, tidak hanya sekadar memperingati Hari Koperasi ke-73, tapi sekaligus juga dikaitkan dengan Peringatan Hari UMKM ke-5 Tahun 2020 untuk tingkat kota Medan,” kata Arief, yang duduk jadi Pjs Walikota Medan menggantikan Walikota Akhyar Nasution yang sekarang ikut Pilkada Medan.

Arief berharap melalui pemberian penghargaan dan sekaligus peringatan ini dapat mendorong dan memacu pegiat koperasi dan pelaku UMKM di kota Medan dapat lebih berinovasi dan memanfaatkan peluang di tengah pandemi Covid-19.

Dalan arahannya Pjs Wslikota ini mengatakan, dimasa pabdemi ini tidak hanya menyisakan kesusahan saja, nanun terdapat banyak peluang usaha baru yang dapat dikerjakan asal mau melalukan kreativitas melalui ekonomi digital atau biasa disebut e-comnerce. “Para pelaku UMKM harus dapat memperhatikan potensi ekonomi digital generasi milenial. Artinya perubahan pola pikir akan berdampak terhadap perkembangan dunia digital,” ujarnya.

Kata Arief, saat ini nemiliki banyak potensi koperasi dan UMKM yang sangat beragam untuk dikelola secara maksimal. Kondisi pandemi menurut Arief harus dijadikan motifasi untuk melakukan gebrakan memanfaatkan teknologi informasi mengembabgkan usaha.

“Mempelajari dunia digital dalam bidang pemasaran produk UMKM dan koperasi akan sangat penting untuk pembangunan koperasi dan UMKM di masa mendatang. Artinya, jika ini bisa dilakukan, maka potensi produk UMKM dan koperasi kota Medan akan terus berkembang dan semakin besar,” pungkas Arief. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button