Pengurus Dekopinwil Jatim Periode 2020-2025 telah Dilantik Ketua Umum Dekopin dan Wagub Jawa Timur

Pipnews.co.id, Surabaya – Pengurus Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil)Jawa Timur Masa Bakti 2020-2025 dilantik oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekipin) Pusat, Dr Sri Untari Bisowarno, didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Elestianto Dardak, bertempat di Graha Dekopinwil belum lama ini.

Menurut Sri Untari kepengurusan baru ini akan menggenjot program digitalisasi, ketahanan pangan dan penguatan sumber daya manusia (SDM). Melalui Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah/Daerah (Lapenkopwil/da) yang ada di seluruh Jatim. Masing-masing bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah. 

Lanjut Sri, jalinan sinergitas tersebut bisa dikendalikan melalui market place memanfaatkan digitalisasi. Terutama untuk mendongkrak potensi UMKM. “Dekopin bisa menjadi partner yang baik. Untuk itu saya memberikan saran supaya pemprov membangun market place yang khusus untuk UKM dan koperasi,” tandasnya. 

Adapun dalam bidang ketahanan pangan, banyak kemudahan bagi para petani yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD), terutama mengatasi kesulitan pupuk. Apalagi bagi petani yang belum memperoleh kartu tani, bisa menggunakan sistem kolektif sampai November. “Semoga kabar  gembira ini dapat menambah smangat teman-teman yang berkoperasi di lingkungan pertanian. Ada kelompok tani ataupun KUD. Akhirnya mereka tidak bingung lagi untuk urusan pupuk,” imbuhnya. 

Kepada jajaran pengurus baru Dekopinwil yang dilantik, Sri Untari berpesan agar berpikiran terbuka, bekerja keras dengan disiplin tinggi, tetapi tetap lentur dan memiliki inovasi maupun kreatifitas dipadu dengan kekompakan.

Sementara itu Wagub Jatim Emil Dardak juga memberikan gambaran pentingnya ketahanan ekonomi berlandaskan semangat gotong royong, dan kekeluargaan melalui koperasi di tengah wabah pandemi Covid-19. Menurutnya, tanpa gotong royong akan sulit membantu program pemerintah dalam menggerakkan ekonomi, serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara maksimal.  “Koperasi ini akan terus menjadi mitra utama dalam program pemulihan ekonomi nasional, baik di pusat maupun di Jawa Timur,” ujar Emil. 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya optimistis koperasi akan menjadi tempat pilihan untuk belanja di mana dropshipper dan reseller bisa bersinergi dengan koperasi. Menurutnya Jatim sebagai lokomotif ekonomi daerah akan menjadi testimoni, apakah akan mengikuti arus global atau mempertahankan kekuatan lokal,” tegasnya lagi. 

Selanjutnya adalah Jajaran Pengurus baru Dekopinwil Jatim masa bakti 2020-2025 : 

Slamet Sutanto didapuk sebagai Ketua Dekopinwil Jatim, sedangkan pos Wakil Ketua Dekopinwil diduduki Dra Reni Sukesiningsih. Adapun Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan diperayakan H. Amin Sunarto. Sedangkan Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan dijabat Drs H. Joko Rokhani Sanjaya.  Bambang Eko Mulyono sebagai Ketua Bidang Advokasi dan Perundang-Undangan dan Ketua Bidang Ketahanan Pangan, Industri dan Perdagangan diperayakan pada Sriyadi Purnomo. H Sukoco Emilia membidangi Permodalan, Jasa, Keuangan dan Investasi. Ketua Bidang Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan Moh Hasan. Selanjutnya Ketua Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi digawangi oleh Drs Dwi Sucipto. (red/TI).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.