Perayaan Harkopnas Kabupaten Bogor Dimeriahkan Pameran Produk Koperasi dan UMKM

Pipnews.co.id, Bogor – Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tingkat wilayah Kabupaten Bogor Tahun 2019 telah digelar dengan berbagai kegiatan. Mulai dari perlombaan hingga pameran produk. Untuk agenda Pameran produk UMKM Se Kabupaten Bogor telah dilaksanakan pada 1 – 3 Agustus 2019, bertempat di Lapangan Badak Putih, Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Pameran tersebut selain menyertakan 15 koperasi berbasis UKM juga 7 Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab Bogor. Sedangkan lomba-lomba yang dipertandingkan adalah lomba Mewarnai, Paskibraka, Cerdas Cermat Koperasi. Selain itu juga ada lomba (Go Talent), seperti Seni Bela Diri, Silat, Taekondo, Dance Modern, maupun Klasik, Menyanyi, Menari, Drama, Kasidah Modern, dan Dai Cilik.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bogor, Hj. Ade Munawaroh Yasin, SH, MH menyampaikan, bahwa koperasi harus bisa bertransformasi dengan era revolusi digital 4.0. Tujuannya kata dia, adalah untuk merespon kebutuhan pasar yang semakin kompetitif dan praktis. “Koperasi harus mendorong dirinya untuk merambah ke e – commerce sebagai strategi pengembangan pasar. Misalnya dengan menjalin kemitraan bersama Bukalapak, Tokopedia, Lazada atau sejenisnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, peralihan ini harus segera dimulai, jika koperasi ingin terus bertahan di tengah arus informasi yang begitu cepat. Bahkan Imbuh dia, reformasi total harus dilakukan, sebagaimana tema puncak Hari Koperasi Nasional ke-72 di Purwokerto, Banyumas yakni Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0″.

Munawaroh juga mengungkapkan perihal Kopi Bogor yang telah menebus pasar luar negeri. Tepatnya diekspor ke Prancis dan Belanda. Juga sering diikutkan ke berbagai “event” di mancanegara. “Selain di ekspor, KOPI Bogor juga menjadi produk lokal yang wajib digunakan oleh seluruh Hotel di Bogor,” ujarnya lagi.

Hadir pada penutupan Harkopnas ke-72 tingkat Kabupaten Bogor, antara lain Drs. Ronny Sukmana, M.Si (Kepala Dinaskop UKM), Drg. Mike Kaltarina, MARS. (Kepala Dinas Kesehatan), H. Nana Sukmana, SP. (Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor), pejabat dan instansi terkait, Kapolsek, Koramil, Camat Cariu, masyarakat dan gerakan koperasi se Kabupaten Bogor. (Haryono/SSA).

Pameran produk KUMKM

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.