Peringatan Hari Koperasi ke-73 Kota Blitar, Dihadiri Ketua Umum Dekopin

Pipnews.co.id, Blitar – Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 73 setelah di pusat memperingati, daerah-daerah pun terus bergilir memperingatinya. Seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Koperasi dan UKM, Kota Blitar menggelar tasyakuran Hari Koperasi Indonesia di Balai Kota Kusuma Wicitra, jalan Sudancho Soeprijadi, Kota Blitar, Senin (13/7).

Mengingat peringatan ini masih di masa pandemi Covid-19, tasyakuran tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Menurut Wali Kota Blitar Santoso, seluruh pelaku koperasi sudah selayaknya mensyukuri nikmat yang diberikan, atas bertahannya koperasi di Kota Blitar. Meski di tengah masa pandemi virus corona.

“Saya bangga meski di tengah pandemi covid-19, koperasi di Kota Blitar masih mampu bertahan. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan kegiatan koperasi kembali normal dan seluruh pengurus selalu diberikan kesehatan,” harapnya.

Santoso pun mengakui koperasi menjadi salah satu sektor terdampak di masa pandemi ini. Untuk itu Pemkot Blitar tetap hadir di tengah-tengah pelaku koperasi memberikan semangat dan dorongan agar koperasi tetap eksis. “Kami sangat peduli dan faham pelaku koperasi begitu terdampak. Kita pun tidak tinggal diam, khususnya kepada para pelaku koperasi yang mengalami musibah seperti saat ini,” ujarnya.

Kepedulian itu diwujudkan dengan meminta UMKM binaan koperasi, untuk memproduksi masker sebanyak 50 ribu buah. Masker tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat secara gratis. “Dengan stimulan ini semoga ekonomi tetap jalan dan di sisi lain, masyarakat juga mendapatkan maskernya secara gratis, cuma-cuma,” tambahnya.

Selain itu lanjut Santoso, pihaknya Pemkot juga memberikan 2.500 paket sembako kepada pengurus koperasi di wilayahnya. Kemudian dalam waktu dekat Pemkot pun akan mengelontorkan bantuan modal usaha bagi para pelaku koperasi. “Kita ingin hadir turut meringankan beban. Paling lambat akhir Juli bantuan modal usaha ini harus sudah dicairkan kepada pelaku koperasi,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Santoso mohon maaf kepada gerakan koperasi. Karena peringatan Hari Koperasi kali ini tidak diperingati seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Saya mohon maaf karena biasanya peringatan Hari Koperasi di Kota Blitar diperingati secara meriah. Saya harap semuanya maklum dengan kondisi ini, demi kebaikan kita semua,” ungkapnya.

Meski peringatan Hari Koperasi ke 73 di Kota Blitar kali ini terkesan sederhana, tetapi terasa istimewa. Tidak lain karena dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)Sri Untari. Dimana dia adalah putra daerah yang konsisten sejak muda menekuni dunia perkoperasian. Dari tingkat primer hingga koperasinya berkibar di Jawa Timur. benanya putri daerah Kota Blitar.

Bukti kuat konsistensinya di jagad perkoperasian, wanita yang kini duduk sebagai Ketua Komisi yang membidangi Kesra di DPRD Jawa Timur ini, juga berhasil menampuki Dekopin pusat. Pada kesempatan tersebut pun, Untari tetap menggelorakan kesemangatan berkoperasi. Tepatnya saat tampil dalam sarasehan dengan tema Anggota Sehat, Koperasi Kuat, Ekonomi Rakyat Berdaulat. “Saatnya koperasi harus dibangkitkan sebagai pilar ekonomi bangsa, agar masyarakat menikmati kesejahteraan nyata. Sekaligus kita bisa mewujudkan kedaulatan ekonomi, dengan terus bertumbuhkembangnya ekonomi kerakyatan,” pesannya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudy Widjonarko dan Ketua Dekopinda Kota Blitar, Slamet Sutanto. (Esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.