PPKL Grobogan Mulai Berperan Melakukan Pendampingan Terhadap KSP Capella Mitra Usaha

Pionews.co.id, Grobogan – Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kabupaten Grobogan Jawa Tengah kembali melakukan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) nya, sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM selaku pihak yang membentuk berdirinya PPKL di seluruh Indonesia.

Kali ini PPKl Grobogan melakukan pendampingan kepada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Capella Mitra Usaha yang berkantor di Jalan  Lingkar Putat Grobogan. PPKL yang dipimpin Ridho Adritianto menemui pengurus yang ada di sana, di antaranya Sekretaris Mbak Wulan.

Menurut Ridho, KSP Capella Mitra Usaha masih sangat muda belia, karena baru berdiri tahun 2019 lalu, dan sebagian besar pengurus kaum milenial sehingga semangat untuk belajar berkaitan dengan perkoperasian ataupun administrasinya bukanlah hal yang sulit.

“Ditambah lagi dengan gedung baru, sarana dan prasarana yang baru menjadikan koperasi ini mempunyai point plus di tengah pandemi saat ini,” kata  Ridho dalam keterangan tertulis sebagaimana dilansir Humas Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah (24/6/2021).

Karena koperasi ini masih sangat muda lanjut Ridho, sehingga pendampingan masih sangat dibutuhkan, terutama dalam kelengkapan administrasi terkait dengan perkoperasian, mulai dari izin usaha simpan pinjam, Nomor Induk Berusaha (NIB), kewajiban koperasi untuk melaporkan keuangan secara triwulan kepada Dinas terkait,  salah satunya ada kelengkapan sertifikat NIK bagi koperasi.

“Lantaran itu, kami PPKL Grobogan pada hari ini melakukan pembinaan dan pendampingan dan pengertian   bahwa pentingnya memiliki sertifikat NIK (nomor induk koperasi). Kecuali itu PPKL juga menghimbau untuk bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu.

Sebab menurut Ridho, pengurusan NIK bisa segera diproses salah satunya syaratnya adalah pelaporan pelaksanaan RAT tiga tahun berturut turut tanpa terputus. “Sedangkan KSP Capella Mitra Usaha baru dua kali RAT, oleh karena itu NIK nya belum bisa diproses sekarang,” imbuh Ridho lagi.

Ridho berjanji, akan terus mendampingi, memantau dan memonitoring KSP Capella Mitra Usaha terkait dengan pengurusan sertifikat NIK, sampai pada pengajuan ke Kementerian Koperasi dan UKM melalui Online Data System (ODS). (Yannes).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.