PT PLN Berikan Sambungan Listrik Gratis kepada 4.800 KK di Bekasi

pipnews.co.id, Bekasi – Masyarakat tidak mampu di Bekasi akan mendapat sambungan listrik gratis dari PT PLN (Persero), yng ditargetkan sebanyak  4.800 KK selama 2019. Hal tersebut dikemukaan Direktur Regional Bisnis Jawa Bagian Tengah PLN, Amir Rosidin, pada awak media siang tadi.

Menurutnya saat ini pemerataan kelistrikan atau ratio elektrifikasi Kota dan Kabupaten Bekasi sudah hampir 100%. Namun kata dia masih ada 11 ribu kepala keluarga (KK) yang memperoleh listriknya dari menyatol rumah tetangga (levering). Karena tidak mampu membayarkan biaya penyambungan listrik sebesar Rp 1 juta. “Untuk itu kami berharap bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol,” jelasnya, di Jakarta, Selasa (26/3).

Masih kata dia, PLN bersama pemerintah memang memiliki program membantu masyarakat yang tidak mampu mendapat akses listrik secara langsung dari PLN, Imbuh dia melalui program penyambungan listrik gratis. Target pada 2019 ini di wilayah Bekasi harus tersambung 4.800 keluarga. “Karenanya melalui program Pemerintah ini, kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol, sehingga sekarang mendapatkan sambungan listrik secara langsung,” tegasnya.

Terkait hal tersebut Menteri BUMN, Rini Soemarno, sebelumnya telah mengunjungi Kampung Cibitung Sebrang, Kecamatan Mustika Jaya dan Kecamatan Rawa Lumbu Kota Bekasi. Kunjungan tersebut adalah untuk melakukan simbolisasi penyalaan listrik gratis bagi 300 pelanggan yang tersebar di Kota Bekasi. Pada kegiatan itu merupakan lanjutan dari rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis yang diinisiasi oleh 34 BUMN.

Adanya penyambungan listrik gratis tersebut menurutnya cukup meringankan warga, yang sebelumnya ketika masih nyantol listrik ke tetangga. Sebab katanya biaya yang harus dibayar sebesar Rp 40 ribu – 50 ribu per bulam untuk tiga bola lampu. “Namun setelah memasang listrik sendiri, warga cukup membayar Rp 20 ribu – 30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya,” ujarnya.

Program tersebut imuh Rini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di Jawa Barat sudah tersambung 109.000 rumah dari target 235.000 ribu rumah.Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap. (Awes/dbs).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.