Pusat Koperasi Pegawai RI Pacitan Sudah Punya Hotel

Pipnews.co.id, Pacitan 7 Februari 2018

Kendatipun kelasnya belum setingkat hotel berbintang, namun yang  pasti Pusat Koperasi Pegawai RI (PKPRI) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sudah memiliki sebuah hotel sebagai unit usahanya. Hotel inilah yang diresmikan oleh Bupati Pacitan Drs. Indartato MM pada 3 Februai 2018.

Hotel yang namanya juga disebut Hotel PKPRI, ini terletak di Jalan Gatot Subroto No. 5 Pacitan, dengan jumlah kamar tersedia 19 unit dengan tarif Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per malam. “Hotelnya memang masih setingkat hotel melati,” tutur Ketua PKPRI Pacitan Sumarni memberi penjelasan, usai peresmiian.

Kata dia, ke depan PKPRI Pacitan dalam bisnisnya, tidak sekadar mengelola perhotelan dan simpan pinjam. Di luar itu juga akan dikembangkan usaha lainnya, diantaranya program terkait dengan pengembangan hotel, salah satunya membangun minimarket dan meeting room di lingkungan hotel tersebut. “Itu bharapan kita ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indartato mengatakan, dengan dibangunnya Hotel PKPRI ini dapat meningkatkan perekonomian di Pacitan dan dapat menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.

Selain itu, Indartato juga menyampaikan bahwa tanah yang diatasnya dibangun hotel tersebut merupakan hasil kerja keras dari pendahulu atau pengurus PKPRI sebelumnya. Oleh karena harus dihargai dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Perlu sikap menghargai terhadap para pendahulu PKPRI, mereka telah mewujudkan sebidang tanah ini yang kemudian dibangun hotel oleh pengurus PKPRI saat ini”, ujar Indarto, seperti dilansir Pipnews.Jatim.

Ia mengaku, juga sangat paham tentang koperasi, bahwa kekuatan koperasi terletak pada loyalitas dan partisipasi anggotanya. Salah satunya adalah berupa kekuatan modal yang berasal dari simpanan pokok dan wajib. Bahkan Indarto menyarankan agar anggota dan pengurus PKPRI Pacitan menggalang modal melalui simpanan khusus yang khusus digunakan untuk mendukung biaya operasional dan pengembangan hotel PKPRI.

Untuk itu pihaknya akan memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM untuk memfasilitasi terwujudnya simpanan khusus tersebut. “Saya pikir perlu simpanan khusus untuk mendukung biaya operasional dan pengembangan Hotel PKPRI. Nanti saya akan perintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UM membantu memfasilitasinya”, ujar Indartato.

Senada dengan Indartato, Ketua GKPRI Jawa Timur, H. Alwi yang juga turut hadir dalam peresmian Hotel tersebut mendukung ide yang disampaikan Bupati Pacitan yaitu perlunya ada Simpanan Khusus tersebut.

“Ide P. Indarto itu sangat bagus. Memang perlu dibuat simpanan khusus untuk biaya operasional dan pengembangan hotel ke-depan. Saya mengusulkan besarnya cukup Rp. 10.000 per orang. Anggota PKPRI Pacitan kan 7.500 orang berarti dana yang dikumpulkan mencapai Rp. 75.000.000 per bulan. Saya pikir itu cukup untuk operasional dan pengembangan hotel tersebut” Pungkas Alwi. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.