Puskopau Garuda Malang Harus Siap Hadapi Tantangan Zaman Now

Pipnews.co.id, Malang – Pesat dan cepatnya perkembangan Teknologi di era zaman now, mengharuskan segenap insan koperasi mampu beradaptasi dengan cepat. Kalau tidak, maka bukan tidak mungkin koperasi akan menjadi “korban” berlakunya teori evolusi modern.

Hal tersebut disampaikan oleh Penasehat Dekopinwil Jatim, Slamet Sutanto saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi Angkatan Udara (Puskopau) Garuda, Abdulrachman Saleh Tahun Buku 2017 di Malang pekan lalu.

“Teknologi ITE saat ini berkembang sangat cepat. Saking pesatnya sekarang tak hanya berbasis digital tetapi juga Online. Oleh karena itu, koperasi harus siap menghadapi tantangan ini dengan cepat beradaptasi. Kalau tidak, maka koperasi hanya akan jadi penggembira saja”, Ujar Slamet Sutanto.

Ia mencontohkan, saat ini di Amerika Serikat dan China gencar menerapkan aplikasi ritel tanpa kasir yang menyebabkan banyak PHK. Di Indonesia lagi booming aplikasi online yang menyebabkan banyak ritel Matahari Mall ditutup. Itu sederet fakta yang terjadi akibat cepatnya perkembangan teknologi. Jika sebelumnya koperasi masih menggunakan sistem konvensional maka sudah seharusnya koperasi juga menggunakan media digital dan online agar mampu bersaing dengan kompetitor yang lain.

Slamet meyakini bahwa kemampuan SDM koperasi tidak kalah dengan yang lainnya. Namun disadari atau tidak, insan koperasi masih banyak terbuai dengan romantisme wacana bahwa koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa sehingga sering abai terhadap perkembangan zaman. Hal ini terbukti, jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan koperasi, hanya dapat dihitung dengan jari koperasi yang masuk dalam katagori koperasi maju.

Tetapi Slamet mengaku respek dan memberikan apresiasi terhadap Koperasi Puskopau Garuda karena disela-sela tugasnya untuk menjaga teritorial udara NKRI, masih tetap berkoperasi. Bahkan mampu menjadikan Puskopau Garuda masuk dalam kategori koperasi yang maju.

Sementara itu, Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong dalam sambutannya mengajak seluruh Primkop sebagai anggota untuk bekerja sama dengan baik. Tidak hanya itu, Julexi memberikan apresiasi kepada pengurus yang sudah mempertanggung jawabkan kinerja yg sangat baik. Apalagi SHU Puskopau Garuda dalam 3 tahun terakir mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“Saya berharap agar seluruh anggota semakin solid dengan menjalankan hak dan kewajibannya serta bekerja sama dengan baik agar Puskopau Garuda semakin maju. Dan saya juga memberikan apresiasi kepada segenap pengurus dan pengawas Puskopau Garuda karena sudah disiplin dalam melakukan pertanggungjawabannya melalui RAT ini dengan SHU yang semakin naik. Semoga Puskopau Garuda semakin maju dan jaya”, kata Julexi. [PipnewsJatim/Elc/Yan]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.