Daerah

Puskopkar Riau Mengadu ke Bareskrim Polri dan Ombudsman Gara-Gara Polda Riau Tidak Serius Menangani Laporan Pemalsuan

Pipnews.co.id , Pekanbaru 18 Oktober 2018

Kesal dengan sikap Polda Riau yang tidak serius menangani laporan penipuan tentang pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang disampaikan oleh Pusat Koperasi Karyawan (Puskopkas) Provinsi Riau sebagai pihak pelapor dan H Ronni Abdi ST, MM sebagai pihak terlapor, akhirnya pengurus Puskopar ini mengadu ke Bareskrim Polri di Jakarta.

Bahkan, persoalan pemalsuan/kebohongan pelaksanaan RAT Puskopkar Riau Tahun Buku 2005, 2008, 2009 dan 2014 yang kemudian berakibat beralihnya kepemilikan aset perkantoran Puskopkar Riau menjadi milik  pribadi Ronni Abdi cs., sudah dilaporkan ke Ombudsman Provinsi Riau.

“Sebelumnya persoalan ini sudah lebih dulu ami laporkan ke Ombudsman, namun belum membuahkan hasil. Selanjutnya pengaduan kami sampaikan ke Bareskrim Polri di Jakarta pada tanggal 24 September 2018,  dengan inti laporan, bahwa Sdr. Ronni Abdi adalah orang yang kebal hukum di Pekanbaru ”, kata Nusirwan, Sekretaris Puskopkar Riau kepada Pipnews.co.id via WA dan telepon (16/10/2018).

Nusirwan mengatakan, pokok permasalahan diawali dari meninggalnya H. Arbi, yang pernah menjadi Ketua Puskopkar Riau beberapa periode. Tapi setelah beliau meninggal dunia, timbul persoalan, karena entah bagaimana caranya aset berupa perkantoran Puskopkar Riau, jatuh ketangan Ronni Abdi, yang notabene adalah anak kandung H Arbi (Alm).

Usut punya usut, ternyata beralihnya kepemilikan aset Puskopkar itu ke tangan Ronni Abdi, erat kaitannya dengan pemalsuan berkas serta surat menyurat yang berkaitan dengan pelaksanaan RAT Puskopkar. “Jadi masalahnya, bukan semata-mata persoalan RAT, tapi menyangkut kepemilikan aset,” imbuh Nusirwan, yang juga duduk sebagai Sekretaris Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Riau.

Ia mengaku akibat persoalan ini, ratusan unit Primer-primer  Kopkar di Riau menjadi sangat dirugikan. Sebut saja misalnya Kopkar PLN, adalah satu diantaranya. Lainnya, Kopkar Pengemudi Taksi, Kopkar Telkom, Kopkar Buruh Kontraktor Rumbai, Kopkar PT Sucofindo dan sebagainya. (yan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button