Rp 1,2 M Dana Kemalangan Karyawan Diduga Diselewengkan Koperasi Karpeda PTPN II

Pipnews.co.id, Medan 22 Mei 2018

Miliaran rupiah dana untuk kemalangan yang disebut dana Soskak (Sosial Kemalangan Antar Karyawan) diduga diselewengkan pengurus Koperasi Karpeda PTPN II, Deliserdang, Sumatera Utara.. Hal itu diungkapkan HM Jusuf Sembiring selaku Ketua Pengda Forum Silaturahmi Pensiunan Perkebunan PTPN II, pecan lalu di Medan.

Menurut Yusuf Sembiring, dana iuran untuk kematian pensiunan karyawan PTPN II selalu dipotong dari gaji, bahkan jumlahnya sudah terkumpul mencapai Rp 5,2 miliar.Setiap karyawan atau pensiunan meninggal dunia, maka dana kematian akan diberikan oleh Koperasi Karpeda sebesar Rp 4,7 juta per orangnya.

Hasil temuan Jusuf pada periode November 2014 s/d November 2016, jumlah karyawan yang meninggal dunia sebanyak 933 orang, setelah dikalikan Rp 4,7 juta maka uang yang terpakai Rp 4,3 miliar. Sementara jumlah dana yang telah terkumpul dari hasil pemotongan gaji sebesar Rp 5, 279.055.650.

“Anggaran Rp5,2 miliar, jumlah kematian 933 orang dikali Rp4,7 juta menjadi Rp4,3 miliar, sisanya sebesar Rp 893 juta. Ditemukan ada 73 orang yang meninggal dunia 2 sampai 3 kali didaftarkan, dan uang masuk ke kantong pribadi oknum Ketua Koperasi Karpeda Toni Nixon SE. Anggaran 73 orang dikali Rp 4,7 juta hasilnya sebesar Rp 343 juta, total sisa diselewengkan Rp893 ditambah Rp343 juta sebesar Rp 1,236 miliar” tegas Jusuf Sembiring, .

Mengutip Harian SIB (19/5), Jusuf mengatakan, dari data yang dimilikinya sebanyak 150 orang dari 11 Kebun/Distrik dan unit PTPN II yang sudah meninggal dunia terakhir Januari 2017 sampai saat ini ahli warisnya belum juga menerima dana Soskak.

“Kita sudah berulang kali melayangkan surat ke Koperasi Karpeda, namun sampai sekarang belum juga terealisasi karena anggarannya sudah habis, dan 25 April lalu saya terpaksa mengirimkan surat ke Direksi PTPN II agar persoalan ini segera diselesaikan, namun belum juga ada balasannya. Sangat kejam melebihi sifat kanibal koperasi Karpeda. “Bahkan uang kematian saja dipakai untuk biaya kedatangan Tim Verifikasi Disnaker Kabupaten Langkat’ ungkap Jusuf Sembiring kesal.

Ketua Koperasi Karpeda PTPN II Toni Nixon SE saat dikonfirmasi SIB melalui telepone selulernya membantah tuduhan tersebut. Menurutnya dana Soskak masih lancar. “Fitnah itu, mana mungkin kita berani selewengkan dana pegawai PTPN II yang meninggal dunia, sampai saat ini masih berjalan lancar” tegas Toni. (C05/c/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.