Sebanyak 15 Koperasi dan UMKM Berprestasi 2020 di Jawa Timur Mendapat Penghargaan

Pipnews.co.id, Surabaya -Meskipun pelaksanaannya sempat tertunda sekitar tiga bulan lamanya akibat terdampak pendemi Civid-19, akhirnya penyerahan penghargaan kepada Koperasi Berpresrasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) Berprestasi Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur dapat juga dilaksanakan.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada 10 Oktober 2020 di Gedung Kantor Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur di Jalan Juanda Surabaya. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Mas Purnomo Hadi dan Kepala Bidang Kelembagaan Cepu Syukur Laksana beserta pejabat lainnya didaulat untuk menyerahkan penghargaan, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Mas Hadi Purnomo mengatan, pemberian penghargaan ini seyogianya dilaksanakan pada bulan tiga lalu, bersamaan dengan peringatan Hari Koperasi ke-73 yang jatuh pada 12 Juli 2020. “Tapi karena pandemi Covid sedang mewabah pelaksanaannya diundur pada Oktober ini,” kata Mas Purnomo, seperti dilansir Humas Dinas Koperasi Jstim

Menurut Mas Purnomo untuk tahun 2020 ini ada 15 unit koperasi yang berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Jatim yang dinilai berprestasi dan kemudian diberi piagam penghargaan. Begitu pula dengan pelaku UMKM berprestasi jumlahnya juga 15 orang. Sedang tujuan pemberian penghargaan, selain untuk pembinaan sekaligus juga mendorong kesadaran bagi masyarak tuntuk terus berkoperasi.

“Termasuk juga untuk kalangan pelaku UMKM, selain dimaksudkan untuk pembinaan, juga upaya untuk mendorong UMKM naik kelas, dengan jalan meningkatkan omset penjualan maupun kualitas produknya,” imbuh Mas Purnomo.

Mas Purnomo menyatakan. di masa pandemi sekarang ini mengharuskan kita beradaptasi, jika tidak beradaptadi maka usaha kita semskin hari akan semakin menurun. Koperasi dan UMKM sebagai tulang punggung juga banyak sekali yang terdampak. Maka itu Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur terus berupaya mendorong agar UMKM dapat melaksanan  kegiatan sesuai dengan yang diharapkan.

Ia menambahkan. pihaknya telah mengusulkan sebanyak 2.559.000 pelaku usaha mikro di Jatim mendapat Bansos produktif Rp 2,4 juta. namun yang sudah direalisasi dan dicairkan secara bertahap baru 1.150.000 pelaku usaha mikro. “Sedang sisanya masih kita tunggu,” kata Mas Purnomo.

Sementara itu, Kabid Kelembagaan Cepu Syukur Laksana mengatakan, kreteria  jenis koperasi yang diperlombakan untuk meraih gelar koperasi berprestasi meliputi ni koperasi konsumen, koperasi pemasaran, koperasi produsen, koperasi jasa dan koperasi simpan pinjam. Sedang UMKM diperlombakan, milenial preneur bidang lomba fashion. milenial premier bidang handycraft dan milinial preneur bidang makanan dan minuman.

Adapun 15 koperasi yang beruntung mendapat penghargaan adalah KPN Raung (Situbondo), KPRI Bahagia dan KUD Sumber Pangan (Nganjuk), Primkop Bhirawida, KSPPS Darumafatihil Jawa Timur, KPP Al Yasini (Pasuruan), Koperasi Pegawai Telkom Indonesia (Malang), Kopkar Sylva Cendekia dan Primkoppol Resort Kota (Madiun), Koperasi Tani Jasa Tirta (Tulungagung), Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Blitar), Koperra Langgeng Mulia (

i), Koperasi Bhakti Artha Swadhana (Surabaya), KSPPS UB Barokah (Mojokerto) dan KSP Lestari Mandiri (Kabupaten Malang).

Sementara Pemenang UMKM Katagori Fahsion Widi Nugraha Batik-Ngawi Juara (1), Griya Batik Sengguruh-Malang (2), Batik Kironggo-Bondowoso (3), UD Jillan-Sidoarjo (Harapan 1) dan House Of Afica Collection-Tranggalek (Harapan 2).

UMKM Katagori Handycraft, CV Grandis Home-Bojonegoro Juara (1), D’Anggara Kediri-Kediri (2), Sae Shoes-Kediri (3), Kerajinan Tas Rajut-Nganjuk (Harapan 1) dan Luluk Omah Rayap-Tranggalek (Harapan 2).

UMKM Katagori Makanan dan Minuman, Dede Satoe-Surabaya Juara (1), UD Legend-Gresik (2), Sabik-Lamongan (3), Yahala-Bondowoso (Juara Harapan (1) dan Mas Be Kopi-Ngawi (Juara Harapan 2) (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.