Sebanyak 72.000 UMKM di Sumatera Utara Diajukan Sebagai Penerima Bansos Rp 2,4 Juta

Pipnews.co.id, Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM setempat mendata 72.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diusulkan sebagai penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM)  sebesar Rp 2,4 juta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara Haykal Amal mengatakan, 28 163 UMKM dari jumlah yang sudah dilakukan pendataan, sudah terverifikasi tahap pertama yang akan menerima bantuan tersebut.

“Data ini diperoleh dari perbankan. Bagi UMKM yang belum terdaftar bisa melakukan pendaftaran secara langsung. Kita akan memprosesnya dengan melakukan verifikasi sesuai ketentuan,” kata Haykal di Medan (6/9).

Haykal mengatakan, tujuan pemerintah menyalurkan bantuan itu untuk membantu UMKM agar mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19.

“UMKM yang layak menerima bantuan ini dengan persyaratan Warga Negara Indonesia (WNI), meomiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima Banpres Produktif,” kata Haykal.

Adapun persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Polri maupun pegawai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pegawai dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan juga tidak dalam sedang menerima kredit pinjaman dari perbankan. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.