Daerah

Semua Koperasi di Aceh Didorong Berbadan Hukum Syariah, Kalau Tidak Maka Tidak Boleh Beroperasi

Pipnews.co.id, Banda – Sebagai Daerah Istimeway Provinsi DI Aceh, memang berbeda dengan provinsi lainnya di Indonesia. Untuk sesuatunya daerah ini selalu menggunakan  Syariat Islam sebagai landasan hukumnya. Tak terkecuali dengan pengelolaan koperasi, apabila sudah terlanjur memakai badan koperasi selalu diarahkan dan didorong untuk menggantinya menjadi berbadan hukum Syariah Islam

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DI Aceh mengatakan, sesuai dengan amanat Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) semua lembaga keuangan, termasuk didalamnya perbankan, asuransi dan koperasi harus beralih ke Sysriah, maka jika tidak maka tidak bisa lagi beroperasi di Aceh. Itu aturan main yang sudah ditetapkan Pemerintah Aceh”Sejauh ini sudah ada empat puluhan koperasi yang ada di Aceh telah berbadan hukum syariah dan selebihnya sudah menjalankan sistem syariah tapi belum berbadan hukum syariah,” kata Wildan melalui keterangan tertulis (5/6).

Ia menjelaskan pemerintah Aceh terus mendorong seluruh koperasi di Aceh, khususnya yang menjalankan simpan pinjam dapat segera berbadan hukum syariah sesuai dengan Qanun LKS. “Sesuai dengan amanat Qanun LKS, seluruh lembaga keuangan, termasuk koperasi harus beralih ke sistem syariah,” imbuh Wildan.lagi.

Saat ini lanjut dia, jumlah koperasi di Aceh sebanyak enam ribuan yang terdiri dari dua ribuan tidak aktif, empat ribuan aktif dan dari empat ribuan ini hanya sembilan ratusan yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Wildan menambahkan, dalam mendukung koperasi berbadan hukum dan meberapkan syariah, pihaknya juga telah memfasilitasi lahirnya Dewan Syariah yang nantinya dapat mendukung koperasi.

Menurut dia, saat ini sudah ada 90 dewan syariah dan dinas koperasi akan terus berupaya merekrut dewan syariah yang berasal dari ahli syariah, ekonom dan kalangan profesional untuk mengikuti tes dan mendapat sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia. (Yan).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button