Setelah Tiga Tahun Tidak Terlaksana, Akhirnya Dekopinwil Jakarta Rakerwil Juga

Pipnews.co.id, Jakarta – Entah dengan alasan apa, tapi yang pasti Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) DKI Jakarta, tidak dapat melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) sebanyak tiga tahun bertutur-turut, yaitu Rakerwil tahun 2016, Rakerwil tahun 2017 dan Rakerwil tahun 2018. Jika hal itu akhirnya dapat dilaksanakan, peristiwanya diramkum sekaligus, yaitu pada tanggal 6 Sepoteber.

Rakerwil DKI Jakarta yang digelar di ruang pertemuan Trasmart Mall, Cilandak . Pasar Minggu, Jakarta Selatan dibuka oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjapta, dan dihadiri Dina Latifah, mewakili Pimpinan Paripurna Dekopin. Di sana juga tampak Ketua Dekopinwil DKI Jakarta Nuraeni Barung serta sekitar lima puluhan anggota Dekopinwil DKI Jakarta, yang terdiri dari enam Dekopinda dan 40-an Pusat Koperasi/Primer Koperasi provinsi.

Menurut Nuraeni, tidak terlaksananya Rakerwil Dekopinwil Jakarta hingga tiga tahun berturut turut, dilatarbelakangani oleh beberapa hal, diantaranya karena dirinya sakit, operasi kanker sehingga tidak dapat bekerja secara penuh. Sementara disisi lain, memang tidak punya dana untuk biaya pelaksanaan Rakerwil.

Ketiadaan dana ini, karena sumbernya tidak ada lagi. Kalau sebelumnya ada dana pembinaan dari APBD Provinsi DKI Jakarta, kalau sekarang tidak ada lagi, Begitu pula bantuan APBN Dekopin kecil sekali, cuma Rp 19, juta dan itupun bukan untuk biaya Rakewil tapi untuk pelaksanaan pelatihan dan pendidikkan oleh Lapenkopwil.

“Sedengkan dana iuran dari anggota yang Rp 200,000 perbulan, atau Rp 2,4 juta pertahun tidak jalan. Lantaran itu, boleh dikatakan kegiatan Dekopinwil tiga tahun terakhir ini vakum, tidak ada pertemuan dan sebagainya,” kata Nuraeni.

Sementara Ketua Panitia Rakerwil Dekopinwil DKI Jakarta Syahnan Palipi mengatakan, biaya Rakerwil kali ini mendapat bantuan dari Ketua Panitia Harkop ke-72 Jakarta, Adji Gutomo , yang mengemas pembiayaanya satu paket dengan pelaksanaan Pameran/Festival Produk Kopi, yang juga digelar di Transmart Mall, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
“Jadi karena peringatan Harkop ini tuan rumahnya adalah Dekopinwil DKI Jakarta, maka peristiwanya sekaligus dirangkai dengan Rakerwil Dekopinwil,” kata Syahnan Palipi, yang juga Ketua Bidang Organisasi di Dekopinwil DKI Jakarta.

Meskipun awalnya para peserta Rakerwil banyak yang memprotes terhadap alasan tidak terlaksananya Rakerwil, namun pada akhirnya semua dapat menerima laporan pertanggungjawaban dari Nuraeni. Namun para peserta meminta kepada Nuraeni, apabila memang tidak siap lagi karena kurang sehat dapat mewakilkannya kepada salah satu pengurus Dekopiwil sebagai pimpinan sementara.

“Bukan apa-apa, kepemimpinan ibu Nuraeni tinggal satu tahun terakhir oni, karena tahun depan sudah akan melakukan pemilihan pengurus baru periode 2020-2014. Oleh karena itu, perlu ada terobosan dan pembaruan, agar Rakerwil tahun depat dapat terlaksana sesuai AD/ART Dekopinwil. Jadi harus ada, pergantian pimpinan sementara,” kata A Fathoni, salah seorang peserta Rakerwil Dekopiwil DKI Jakarta. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.