Daerah

SHU Koperasi Pegawai RI Universitas Islam Negeri Suska Riau Tahun Buku 2020 Rp 1,562 Miliar

Pipnews.co.id, Pekanbaru – Koperasi Pegawai RI (KPRI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Provinsi Riau, yang berdomisili di kota Pekanbaru patut diberi apresiasi atau ‘acungan jempol’.

Soalnya, meskipun pandemi Covid-19 berlangsung sepanjang tahun 2020, termasuk di kota Pekanbaru, tapi kinerja KPRI UIN Suska terkesan tidak terganggu. Buktinya, koperasi ini masih mampu memberikan kontribusi atau keuntungan kepada koperasi  berupa Sisa Hasil Usaha (SHU).

Seperti dikatakan Drs. Suhaimi D, MSi Ketua Koperasi KPRI UIN Suska, bahwa tahun buku 2020 KPRI UIN Suska mencatat SHU sebesar RP 1,552 miliar lebih, atau tepatnya sebesar Rp 1.562.427.276.

“Jumlah itu meningkat sedikit dibanding SHU tahun buku 2019 sebesar Rp 1.651.467.784. Dengan adanya tambahan dari pendapatan SHU ini, maka total modal KPRI UIN Suska pada akhir tahun 2020 menjadi sebesar Rp 12 miliar lebih, stau tepatnya Rpl 12.352.369.290,” kata Suhaimi dalam laporannya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020, yang dilaksanakan secara virtual akhir pekan lalu.

Masih oleh Suhaimi dikatakan, saat ini KPRI UIN Suska Riau tercatat sebagai sebanyak 536 orang. Sedang mengapa RAT nya dilaksanakan secara virtual, itu untuk menghindari kerumunan mengantisipasi pandemi Covid-19. Sedang peserta RAT yang hadir itu pun tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor II UIN Suska Riau Dr H Kusnaidi M.Pd, Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Ir Suhaimi, Pengawas KPRI UIN Suska Drs  HM Syarif dan Drs Ahmad Syah, serta Pengurus dan perwakilan sejumlah anggota lainnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UIN Kusnadi dalam sambutannya mengucapkan syukur atas perkembangan Koperasi UIN Suska Riau yang terus berkembang. “Alhamdulillah, di usia yang ke-48  tahun koperasi UIN Suska Riau masih tetap eksis.Setidaknya ada dua kunci koperasi tetap eksis dihati anggotanya. Pertama pengurus mampu menangani koperasi dengan kompeten. Kedua, koperasi mampu nemenuhi hajat anggotanya.” kata Dr Kusnadi.

Ia berharap Koperasi UIN Suska Riau yang masih bergerak dibidang simpan pinjam bisa menjadi Koperasi Syariah dan Koperasi Serba Usaha.

Sedang Ir Suhaimi mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru memberikan apresiasi kepada KPRI UIN Suska Riau sebagai koperasi berprestasi yang melaksanakan RAT tepat waktu setiap tahun.

Kata dia, koperasi dipengaruhi tiga perangkat penting, yaitu rapat anggota, pengurus yang mengelola usaha koperasi dan pengawas koperasi.

“Untuk itu, kita berikan selamat kepada Pengurus KPRI UIN Suska Riau yang telah memperoleh SHU sebesar itu. Namun perlu diingat keberhasilan pengurus koperasi, tidak hanya dinilai dari jumlah SHU, tapi dari.pelayanan pengurus terhadap anggota.koperasi,” ujar Suhaimi.

Terakhir ia mengucapkan selamat melaksanakan RAT KPRI UIN Suska Riau. Gunakanlah RAT ini untuk memberikan sumbang saran untuk kemajuan KPRI UIN Suska Riau kedepannya yang lebih barokah lagi. (Yannes).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button