Daerah

Stimulus untuk UMKM di Serang Rp 500 ribu Persasaran dan Dipersiapkan bagi 10.238 Pelaku Usaha Terdampak Covid-19

Pipnews.co.id, Serang – Sebagai  tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat yang akan memberikan stimulus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak virus corona (Covid-19), maka Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten telah mulai melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM tetdampak dimaksud. Bantuan stimulus untuk modal awal tersebut akan diberikan ketika pendemi Covid-19 berakhir.

Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) (Disperdaginkop UKN)  Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan saat ini pendataan sudah mulai dilakukan, khususnya bagi ultra mikro yang terdampak Covid-19. “Namun tidak hanya pedagang, tapi pengrajin juga didata untuk bantuan ini,” kata Yoyo melalui keterangan tertulis (13/5).

Yoyo menjelaskan, Pemkot Serang menyiapkan kuota sebanyak 10.238 pelaku usaha terdampak dan besar bantuan Rp 500.000,- persasaran. Tapi dibagikannya nanti setelah pandemi.corona berakhir, pada tahap pemulihan. Bukan apa apa, kalau dibagikan.sekarang kondisi seperti ini tidak bisa jalan, nanti bisa habis hanya untuk konsumsi. Sebab memang bantuan tersebut dipsruntukkan khusus permodalan usaha khususnya pedagang kecil, seperti tukang cilok, gorengan, pedagang bakso dan jsjanan ansk.sekolah, karena mereka paling merasakan dampak dari pandemi ini. “Maka itu sesuai namanya babtuan stimulus permodalan dengan anggaran dari Pemkot Sersng sebessr Rp 5,119.miliar,” tutur Yoyo.

Masih oleh Yoyo dikatakan, dalam pendataan bantuan.tersebut yang diutamakan adalah ultra mikro dan mikro dengan kreteria khusus minimal memiliki kekayaan Rp 50 juta dan tidsk termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. “Bantuan ini juga tidak hanya untuk masyarakat kota Serang. Tapi juga diverikan kepada masysrajat, lain yang memiliki udaha atau tempat usahanya diwilayah kota Serang. Mungkin itu bisa terjadi karena mereka tidak bisa mudik pulang karena PSBB dan di sinipun kesulitan untuk usaha. Begitupun yang diutamakan adalah warga kota Serang,” imbuh Yoyo lagi. (Yan).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button