Daerah

Ustad Aziz: Gerakan Koperasi Sulsel Tak Boleh Kalah dari Finlandia

Pipnews.co.id, Makasar 15 Januari 2018

Calon Wakil Gubernur Sulsel, Aziz Qahhar Mudzakkar, menekankan gerakan koperasi patut terus didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkannya, koperasi benar-benar menjadi soko guru perekonomian nasional.

“Toh, gerakan koperasi sangat identik dengan sistem ekonomi yang diakui UUD 45 yakni ekonomi Pancasila atau ekonomi kerakyatan,” tutur Aziz, di Makasar pekan lalu.

Aziz adalah calon Wakil Gubernur Sulsel yang berpasangan dengan calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid (Ketua Umum Dekopin) pada Pilkada serentak 2018..

Aziz yang juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan memiliki mimpi besar untuk mendorong gerakan koperasi Sulsel seperti halnya di Finlandia ataupun negara-negara Skandinavia.

Tidak bisa dipungkiri, gerakan koperasi di Finlandia dan negara Skandinavia sangat maju dan Aziz menginginkan Sulsel tidak boleh kalah. Toh, Indonesia sejak dulu sebenarnya berlandaskan ekonomi Pancasila melalui gerakan koperasi.

“Di Finlandia atau negara-negara Skandinavia, kesejahteraan (masyarakat) lebih merata. Itu tidak lepas karena gencarnya gerakan koperasi, dimana mereka kecenderungan sudah meninggalkan paham neoliberal dan kapitalis (sebagai sistem ekonomi). Nah, orang cerdas memang melihat semua itu (kapitalisme dan neoliberalisme) sebagai masa lalu,” kata Aziz di Makasar pekan lalu.

Mengutip Tribun Timur Aziz bercerita, saat ia berkunjung ke Finlandia beberapa waktu lalu, ia mengaku kagum saat mengetahui banyak hotel dan mal dimiliki koperasi. Sangat jauh berbeda dengan Indonesia, dimana pusat ekonomi masih dikuasai oleh swasta.

Ke depannya, dia berharap gerakan koperasi Sulsel tak kalah dari Finlandia, dimana rakyat melalui gerakan koperasi bisa lebih dominan dalam perekonomian.

Berdasarkan statistik, Finlandia termasuk negara paling berkoperasi di dunia, dimana 84 persen dari penduduknya adalah anggota koperasi. Selain itu koperasi di negara yang beribukota di Helsinki itu mampu menyumbang 10 persen Groos National Product (GNP). (Yan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button