Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Raih Penghargaan ICSB Indonesia City Award dari Menteri Koperasi dan UKM

Pipnews.co.id, Jakarta – Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan Dr H Dodi Reza Alex MBA meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Award dari Kementerian Koperasi dan UKM atas kontribusi pada keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Dodi meraih penghargaan kategori Natamukti yang hanya diperoleh 22 kabupaten saja di Indonesia, sementara untuk Sumsel menjadi satu satunya kabupaten yang terpilih. Pemberian penghargaan diberikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual pada Kamis (17/9).

Ekonomi akan tumbuh dari tingkat konsumsi, caranya belilah produk UMKM agar roda perekonomian berputar dimasa pandemi ini. Apalagi pasar dalam negeri sangat besar karena ditopang tingkat populasi. Nah, kami melihat Pemkab Musi Banyuasin bersama masyarakat sudah melaksanakannya,” kata Teten melalui keterangan tertulis (21/9).

Menkop Teten menjelaskan, penentuan penerima penghargaan dilihat dari tiga kerangka. yaitu komersialisasi pasar, inovasi produk dan proses operasional terkait merek. Semuanya disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. sehingga tiap pemerintah dilihat bagaimana mendorong promosi UMKM daerahnya walau sedang krisis. “Termasuk juga dalam usaha mendorong edukasi kewirausahaan kepada masyarakat, seberapa banyak regulasi dihasilkan agar tercipta ekosistem UMKM yang bisa cepat pulih dimasa pandemi,” kata Teten.

Sementsra itu. Bupati Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan  Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memilih kabupaten Musi Banyuasin sebagai peraih penghargaan ini.

Dodi mengaku, beberapa waktu lalu, Pemkab Musi Banyuasin juga mendapatkan reward dari Kementerian Keuangan, yaitu berupa dana insentif tambahan tahap pertama sebesar Rp 11,9 miliar dan tahap kedua Rp 15,7 miliar atas keberhasilannya mengatasi perekonomian warga terdampak Covid-19. “Insentif tambahan ini sebagian dialokasikan untuk memulihkan perekonomian di Musi Banyuasin dari berbagai sektor, terutama bagi pelaku UMKM, jadi prinsipnya UMKM itu jangan hany dipromosikan saja. tapi juga harus fiberikan diberikan suntikan modal juga ” kata Dodi Reza.

Kemudian upaya lain yang dilakukan Pemkab, yakni memberikan bantuan kepada UMKM pembuatan masker dalam program 1 juta.masker. Kecuali itu, melaui Dinas Perdagangamn dan Perindustrian kami mrmberdayakan penjahit di daerah ini. “Lewat program ini, penjahit yang tentu terdampak Covid-19 menjadi terbantu dengan program sejuta masker tersebut,” imbuh Dodi menutup penjelasannya. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.