Dekopin Gelar Press Conference Harkopnas ke-72 yang Akan Diadakan di Kota Kelahiran Koperasi Purwokerto

Pipnews.co.id, Jakarta – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menggelar press confrence tentang peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-72 yang akan digelar di kota kelahiran “Purwokerto”, Jawa Tengah pada 12 Juli 2019. Sebelum press confrence digelar, lebih dahulu dilakukan rapat koordinasi panitia pusat yang dipimpin Ketua  Panitia Pahlevi Pangerang, seorang Pimpinan Paripurna di Dekopin. 

Rapat koordinasi dan sekaligus perss confrence ini dilaksanakan di Kompeks Perumahan Raffles Hill, Cibubur, Jakarta Timur, tepatnya di rumah kediaman Ketua Umum Dekopin Pusat, H.AM Nurdin Halid.

 “Jumpa pers kita adakan di tempat ini, karena seusai perss confrence, juga akan dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan Paripurna Dekopin, yang juga dipimpin Nurdin Halid,” ujar Pahlevi memberi penjelasan kepada wartawan (20/12/2018).

Hadir dalam ini Asisten Tata Laksana Kementerian Koperasi dan UKM Mangatas Parulian Pasaribu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati, dan 2 (dua) stafnya Bu Endah dan Pak Anung; Dinas Tenaga Kerja ,Koperasi  & UKM Kab. Banyumas H. Kuswandi, Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jawa Tengah dan dua orang dari Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Banyumas Herliana dan Sarwono.

Dalam prolognya, Bung Pahlevi  menyampaikan beberapa hal :

1.      rapat persiapan diselenggarakan lebih dini  dengan harapannya  Hakopnas ke-72  lebih baik dan lebih berkualitas dari tahun-tahun  sebelumnya

2.     Pimpinan Dekopin berharap pegelaran kali ini sebagai terkemas fenomenal  mengingat ini merupakan pegelaran Harkopnas terakhir dalam periodesasi  kepengurusan Dekopin yang dipimpin oleh  Bapak  Nurdin Halid.

3.   Sebagai bagian dari legalitas dan dasar bekerja,  kepanitiaan akan diberikan SK (Surat Keputusan) sehingga lebih maksimal dalam menjalankan tugas & tanggungjawab. 

4.        Dalam hal penggunaan anggaran, panitia berkomitmen berpedoman pada prinsip transparan dan akuntanbel sehingga tidak menyisakan persoalan di kemudian hari

5.        Untuk Harkopnas ke-72 di pusatkan di Purwokerto dan beberapa agenda lainnya yang digelar di beberapa kota. Secara detail, agenda Harkopnas di jelaskan sebagai berikut:

a.    Lomba Gerak Jalan yang akan digelar di Jakarta. Ini akan menjadi ajang show off gerakan koperasi. Rencananya, masing-masing koperasi di lingkungan Jakarta akan mengutus minimal 15 (lima belas). 

b.    Ziarah ke makam Bung Hatta. Agenda ini tidak saja melibatkan unsur gerakan koperasi dan pemerintah, tetapi juga menyertakan perwakilan dari siswa/i SD,SMP dan SMA. Pelibatan ini sebagai cara mengenalkan koperasi sejak dini.

c.    Turnamen Golf. Turnamen ini juga akan menyertakan unsur pengusaha. Hal ini dimaksudkan untuk menghapus stigma bahwa koperasi itu identik dengan usaha kecil.

d.    Pegelaran  Internasional Confrence & Exfo. Agenda ini akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta dan menghadirkan gerakan koperasi dari seluruh dunia. Pada event ini, juga akan dipamerkan karya-karya koperasi. Selanjutnya, peserta ICEF akan dibawa ke acara puncak Harkopnas di Purwokerto. Kegiatan ini juga sudah dipromote dalam  pertemuan ICA (International Cooperative Allience) di Iran beberapa waktu lalu.

e.    Jambore Koperasi. Jambore ini akan dilaksanakan di lokawisata Baturraden, Purwokerto.

f.     Grebeg Koperasi. Agenda ini akan menampilkan berbagai makanan khas Indonesia khususnya Jawa Tengah. Seluruh peserta grebeg akan menempuh rute dari alun-alun Purwokerto sampai dengan GOR Satria.

g.    Expo Internasional. Expo ini akan di gelar di area GOR Satria

h.    seminar Nasional. Seminar ini akan mengangkat tema tentang “Koperasi Generasi Milenial “. Seminar ini akan digelar di Hall Hotel Java Heritage, Purwokerto. 

i.      Sarasehan. Pada sarasehan ini akan dibincangkan berbagai peluang dan tantangan koperasi dimasa yang akan datang.

j.      Ziarah ke makam RA Wiriatmaja di Purwokerto. Agenda ini merupakan bentuk napak tilas dan sekaligus menghormati RA Wiriatmaja selaku perintis koperasi pertama di Indonesia.

k.    Upacara Puncak Harkopnas. Upacara ini akan di gelar di dalam stadion GOR Satria Purwokerto.

Sementara itu, perwakilan Kementrian Koperasi & UKM, Mangatas, dalam sambutannya menyampaikan hal-hal sebagai berikut: 

a. Kementrian koperasi memberikan apresiasi atas rencana Harkopnas dan secara prinsip siap mendukung.

b. Akan ada pemberian penghargaan untuk koperasi dan tokoh koperasi berprestasi

c. Perlu sinergitas antar bidang di lingkungan Kemenkop & UKM  dalam proses persiapan Harkopnas ini, Ema Rachmawati, selaku Kepala Dinas Koperasi & UKM Prov. Jawa Tengah menyampaikan beberapa hal  berikut ini:

1.    Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar, sangat mendukung dan menyembut baik pelaksanaan Puncak HUT  Koperasi ke 72 di Purwokerto, Kab. Banyumas, Prov Jawa Tengah.

2. Banyumas di tetapkan sebagai tempat Harkopnas karena faktor kesejarahan koperasi lahir di purwokerto atas inisiasi RA Wiryaatmaja. Disamaping itu, hal ini juga sejalan dengan semangat dan cita-cita besar gerakan koperasi untuk menjadikankoperasi sebagai kota koperasi.

3. Beberapa kegiatan yang direncanakan sebagai berikut :

  • a. Kegiatan Jambore dan saresehan akan mengambil Thema Peran Generasi Milenial Koperasi, peserta jambore akan diajak mengunjungi koperasi2 baik yg ada Banyumas
  • b. Pameran koperasi yang di isi oleh delegasi/produk koperasi
  • c. Talkshaw koperasi di TV Lokal dan regional
  • d. Gerebeg Koperasi diadakan melibatkan 34 provinsi lengkap dengan menggunakan pakaian adat masing2 daerah. Disamping itu, peserta akan membawa gunungan dan kesenian masing2 daerah.
  • e. Akan dilaksanakan  acara makan gratis buat masyarakat umum
  • f. Juga akan digelar acara sosial bedah rumah anggota koperasi
  • g. Pasar rakyat berupa sembako murah bagi masyarakat

Selanjutnya, H. Kuswandi mewakili Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab Banyumas menegaskan Pemerintah Kab Banyumas sangat  bersemangat ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan puncak Harkopnas yang ke-72.  Untuk itu, Disnaker & UKM Kab Banyumas berkolaborasi dengan dinasi-dinas lainnya dalam mendukung persiapan penyelenggaraan upacara puncak Harkopnas. Disamping itu, Disnaker juga merencanakan menggelar pelatihan  bagi koperasi milenial. (Dekopinda Banyumas/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.