82% Dari Target 8 Juta UKM Online di Indonesia Sudah Tercapai

Pipnews.co.id, Jakarta – Sesuai program hingga tahun 2019, pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sudah masuk jaringan Online ditergetkan sebanyak delapan juta UKM. Sekarang capaian target itu sudah berada di angka 82 %.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, target capaian itu diyakini akan tercapai sesuai waktu yang ditentukan. “Target itu kita pastikan akan tercapai sesuai rencana,” tutur Ridiantara dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 2019 di Auditorium Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Dalam kesempatan itu, selain membahas infrastruktur Teknologi Informasi, Rudiantara juga berbicara tentang berbagai upaya peningkatan daya saing Indonesia dengan pemanfaatan teknologi, salah satunya dengan mendorong UKM untuk memiliki platform daring.

Kata dia, Kemenkominfo pun memiliki program khusus yang menyediakan nama domain dan hosting yang sifatnya gratis selama 1 tahun. Namun, masalahnya terletak pada jumlah UKM yang bersifat by name by adress.

“Tapi memang ada masalah, karena UKM yang by name by address hanya 100 ribu,” ujar Rudiantara. Ia menambahkan,  target capaian online seperti disebutkan tadi juga akan membawa petani dan nelayan ke platform daring,

“Melalui mekanisme ini, maka petani dan nelayan bisa menjual langsung ke end user,” imbuhnya.

Tidak hanya sampai diasitu, program ini juga akan mendorong perkembangan start up dan unicorn di Indonesia. Targetnya, akan ada 5 unicorn baru di Indonesia pada 2019 nanti. Ia juga menjelaskan, pemerintah kini tak hanya berperan sebagai regulator dalam menciptakan startup, tetapi sebagai fasilitator juga.

“Sekarang, sudah ada sejumlah digital startup yang telah melalui proses inkubasi sehingga diharapkan suatu saat dapat menjadi unicorn,” katanya.(yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.