BUMDes Bisa Mempunyai Unit Usaha Dalam Bentuk Badan Hukum

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemen Desa PDTT), melalui Menterinya Eko Putro Sandjojo memastikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki payung hukum yang jelas untuk membentuk unit-unit usaha.

Eko mengatakan, selain membentuk unit usaha, BUMDes bisa bekerjasama dengan pelaku ekonomi lainnya, yaitu koperasi, perusahaan BUMN dan perusahaan swasta dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT).

“Kami berkonsultasi dengan Mahkamah Agung untuk kejelasan status hukum BUMDes, bahwa BUMDes bisa mempunyai unit usaha dalam bentuk badan hukum,” kata Eko, seperti dikutip dari keterangan tertulis (23/2/2018).

Kata dia, Kemen Desa PDTT segera akan mensosialisasikan kepada BUMDes seluruh pengurus BUMDes yang selama ini kesulitan membentuk uni usaha karena dianggap tidak berbadan hukum.

Sementera itu, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid mengatakan, BUMDes bisa membentuk unit usaha lain dan koperasi sesuai dengan UU No. 4/2014 tentang Desa.

“Ada pasal-pasal yang menjelaskan dengan bahwa BUMDes bisa membentuk unit-unit usaha berbadan hukum sejalan dengan UU Desa,” ujar Taufik. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.