Dinamika

Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang Berdayakan UMKM Memproduksi Masker

Pipnews.co.id, Padang – Dinas Koperasi dan UMKM kota Padang memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memproduksi sekitar 500 ribu masker di tengah pandemi Corona Virus Disase (Covid) 19 di Padang, Sumatera Barat. Hal itu dilakukan, selain untuk memenuhi kebutuhan masker di kota itu yang jumlahnya cukup banyak juga untuk membantu pelaku UMKM mendapatkan pekerjaan, utamanya UMKM bidang konveksi.

“Benar, saat ini kami sedang memberdayakan 500-an pelaku UMKM yang tersebar di 11 Kecamatan di kota Padang untuk memproduksi sekitar 500.000 masker,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Padang Suhandra, di Padang akhir pekan lalu, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan masker yang diproduksi tersebut berupa masker kain. Sementara terkait pembuatan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat itu dikerjakan para pelaku usaha mandiri. Menurut dia, ditengah pandemi Covid-19 ini, kebutuhan masker meningkat dan menjadi peluang usaha bagi pelaku usaha mikro kecil terdampak Covid-19.

Lebih lanjut Suhandra mengatakan, pada umumnya semua koperasi dan pelaku UMKM di Padang terdampak pandemi Covid-19. Dan ribuan yang terdampak itu didominasi bidang kuliner, kerajinan dan bidang pakaian. “Apalagi, bidang kuliner itu pasti banyak yang ragu untuk membeli di tengah psndemi Covid-19  ini,” imbuhnya lagi.

Suhandra mengaku total pelaku usaha mikro di Padang saat ini sekitar 20.000 pelaku usaha. Terkait hal itu kini pihaknya sedang.menunggu kebijakan dari kementerian untuk menentukan solusi membantu mendorong kembali bangkitnya UMKM terdampak Corona.

Kendati demikian ia mengaku Dinas Koperasi dan UMKM sudah berupaya untuk merumuskan cara untuk menghidupkan kembali yang terdampak Covid-19. Satu diantsranya kata Suhandra, yaitu membantu mempromosikan produk produk mereka ke beberapa tempat dan.melalui beberapa media, dengan harapan bisa dibeli masyarakat. (Yan).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button