ICSB Indonesia Gelar Munas dan Pelantikan Pengurus Wilayah

Pipnews.co.id, Bandung – Di tengah gejolak ekonomi dunia yang diselimuti perang dagang, pelemahan nilai tukar terhadap dollar, dan pelemahan pertumbuhan, Indonesia masih dapat bertumbuh sebagai negara terbesar ke tiga setelah India dan China.

“Kita berharap pertumbuhan ini menciptakan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Salah satu caranya adalah membangkitkan terus menerus peranan UMKM yang lebih berdaya saing, bisa berkopetensi secara global minimal ASEAN,”

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI AAGN Puspayoga dalam acara Musyawarah Nasional 1 Indonesian Council for Small Business (ICSB) Indonesia di Kampus Pascasarjana Universitas Parahyangan Jalan Merdeka, Bandung. Kegiatan ini berlangsung 26-28 Oktober 2018

Hermawan Kartajaya, selaku President ICSB Indonesia dan staff khusus Menteri Koperasi dan UKM RI mengatakan bahwa ICSB merupakan organisasi Internasional, berpusat di Washington Amerika Serikat.

ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis.

Pada saat yang sama Hermawan melantik pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) seluruh Indonesia.

Hadir kepala dinas KUMKM beberapa provinsi, peneliti dan akademisi yang fokus pada masalah UMKM, pelaku bisnis, perwakilan asosiasi pengusaha seperti IMA (Indonesia Marketing Association).

Nampak hadir kepala dinas Koperasi dan UKM provinsi Sulsel, dan Prof Muh.Asdar (Rektor Universitas Cokroaminoto), Bahrul Ulum Ilham (PLUT Sulsel), Romi Setiawan (CEO Applepie Entertainment).

Andi Nur Baumassepe,(Vice President Small Medium Entreprise IMA chapter Makassar) bilang pengembangan UMKM oleh pemerintah di Indonesia sudah baik, tetapi masih perlu roadmap pengembangan kewirausahaan bagi pelaku UMKM.

Kewirausahaan jauh lebih penting dari pada program-program pembinaan UMKM selama ini. Kewirausahaan disini berarti pola pikir, mentalitas, inovatif, pengelolaan resiko, serta kemampuan belajar pelaku usaha. Kewirausahaan itu jantungnya pengusaha UMKM.

Harapannya ICSB Indonesia harus memberi peran strategis dalam hal Roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di Indonesia yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UKM di tanah air.

Hal lain, Nur Baumassepe berharap RUU kewirausahaan agar segera di sahkan, sebagai payung hukum kewirausahaan dan pengembangan UMKM ditanah air.

Dalam munas ini juga dirangkaikan dengan konferensi nasional dengan tema Humane Entrepreneurship, ramah tamah dengan gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, ICSB Indonesia Presidential award, dan kunjungan ke floating market.

Selain itu juga digelar peringatan Hari Sumpah Pemuda Indonesia 4.0 yang dilakukan 34 delegasi kaum milineal zaman now di gedung Indonesia menggugat pada Minggu (28/10/2018). (sumber Tribun-Timur.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.