Kemenkop dan UKM Harap BPPI Bisa Terwujud

Kemenkop dan UKM Harap BPPI Bisa Terwujud

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM berharap gagasan Presiden Joko Widodo membentuk Badan Promosi Produk Indonesia (BPPI) dapat segera dijuwudkan guna mengefektifkan kegiatan promosi produk-produk unggulan KUMKM ke dalam, maupun pasar global. Kegiatan promosi selama ini dinilai tidak terkonsolidir dengan baik, serta hanya bersifat sporadis.

“Jadi kami berharap ke depan promosi itu sebagaimana gagasan Bapak presiden dapat disatukan dalam satu Badan Promosi Produk Indonesia,” ujar Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram di sela-sela acara penutupan Indonesian Fashion Week 2018 di Gedung JCC, Jakarta, Minggu (1/4/0218) malam.

Agus mengatakan produk-produk unggulan Indonesia seperti Fesyen, Aksesoris, Furniture, dan Handycraft sangat layak dipasarkan di luar negeri karena punya potensi untuk bersaing di pasar luar negeri, bahkan unggul dari negara-negara produsen lainnya, Italia maupun Prancis. Produk-produk unggulan tersebut nantinya bisa dipromosikan secara massif, dan terencana oleh badan dimaksud.

“Nah promosi jangan sporadis, tapi harus dikonsolidasikan, sehingga bisa lebih massif dan pemasarannya bisa menjangkau dunia. Dengan badan ini, daya saing produk Indonesia dapat lebih kuat, lebih bisa berperan di dunia, maka harap kami segera diwujudkan,” pinta Agus.

Kementerian ini menegaskan komitmennya dalam mendukung koperasi dan UKM mengembangkan produk unggulan masing-masing. Baik dalam bentuk dukungan perkuatan modal usaha (kredit usaha rakyat, dan dana bergulir), fasilitasi promosi, penyediaan sarana teknologi, fasilitasi sertifikasi hak kekayaan intektual (haki) dan standarisasi.

“Komitmennya terus mendukung dari aspek pembiayaan modal harus ditingkatkan, begitu juga promosi terutama,” katanya.
Sekadar diketahui, menurut panitia penyelenggara IFW 2018, momentum Pashion ini mencatat nilai transaksi sebesar Rp 80 Miliar. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.