Kementan Kembangkan Padi Lahan Kering Inpago 9

Pipnews.co,id, Jakarta – Kebutuhan akan pangan terus digenjot agar tidak lagi kekurangan, atau bisa menekan angka impor pangan khususnya beras. Untuk antisipsi hal tersebut pemerintah terus mngupayakan produksi padi dengan inovasi-inovasi terbaru.

Setelah sukses mengembangkan padi varietas inbrida padi gogo (Inpago) 8, kini pemerintah terus mengembangkan tahapan selanjutnya inpago 9, yakni mengembangkan padi varietas unggul di lahan kering. Dengan hasil panen yang tak kalah besar seperti padi lahan basah atau sawah.

Intinya Kementerian Pertanian terus berkomitmen untuk meningkatkan produksi padi nasional. Salah satu upaya yang dilakukan berupa pengembangan varietas padi berproduktivitas tinggi. Jenis varietas yang dikembangkan adalah padi inpago 9. Varietas jenis ini merupakan salah satu varietas inbrida padi gogo yang dikhususkan untuk lahan kering.

Pengembangan varietas ini diupayakan seiring usaha pemerintah dalam meningkatkan luasan lahan tanam padi di lahan suboptimal dan lahan kering. Demikian disampaikan Ismail Wahab, Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBP Padi), di Jakarta, Senin (14/5).

Menurutnya sekrang ini sekitar 90% produksi po 9adi dihasilkan di lahan sawah. Padahal, pemanfaatan lahan kering untuk budi daya padi juga memiliki potensi yang masih sangat besar. Kata dia yakni salah satunya padi gogo yang juga bisa ditanam secara tumpang sari dengan tanaman pangan lain, seperti singkong dan jagung ataupun dengan tanaman tahunan seperti jati, kelapa, dan karet.

Ismail menambahkan produktivitas varietas inpago 9 dapat mencapai 8 – 9 ton per hektare, lebih tinggi dibandingkan varietas padi gogo lainnya yang di bawah 6-7 ton per hektare. “Karenanya varietas inpago 9 dianjurkan untuk ditanam di lahan subur wilayah Jawa dan lahan podsolik merah kuning (PMK) seperti di wilayah Lampung,” ujarnya. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.