Dinamika

Kospin Jasa Pekalongan Masih Menjadi Koperasi Paling Perkasa di Tanah Air

Pipnews.co.id, Pekalongan – Bukan sesuatu yang berlebihan kalau dikatakan, bahwa Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Pekalongan masih tetap sebagai koperasi paling perkasa dan berjaya di tanah air. Mengingat koperasi yang berkantor pusat di kota Pekalongan. Jawa Tengah, ini mencatat pertumbuhan luar biasa sepanjang tahun 2019, setidaknya di sektor permodalan dan penghimpunan dana.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kospin Jasa tahun buku 2019 yang digelar di Gedung Serba Guna Pompes H A Djunaid Pekalongan akhir Maret lalu, bahwa koperasi ni telah membukukan aset senilai Rp 9,6 triliun. Dengan pencapaian ini, artinya aset Kospin Jasa telah meningkat lagi sebesar Rp 1,3 triliun dibanding aset tahun 2018 yang senilai Rp 8,3 trilun. “Luar biasa pertumbuhannya,”  tutur Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam sambutannya saat didaulat membuka RAT.

Teten Masduki juga mengakui, apa yang dicapai Kospin Jasa dengan aset Rp 9,6 triliun ini adalah merupakan aset paling besar yang dimiliki koperasi di Indonesia. Bahkan termasuk capaian peningkatan aset Rp 1,3 trilun, menjadi capaian tertinggi sepanjang 2019. Untuk itu wajar Kospin Jasa diberikan apresiasi, imbuh Teten lagi. 

Menanggapi pujian tersebut menurut Ketua Umum Kospin Jasa, Andi Arslan Djunaid SE, bahwa tercapainya peningkatan aset dan semua itu, berkat kerja sama yang baik di antara sesama pengurus maupun manajemen dan anggota. “Saat ini jumlah anggota kita tercatat 300.000 orang dengan jumlah karyawan 1.600 orang. Semua ini dilayani melalui 136 kantor cabang yang tersebar di Jawa, Sumatera dan Bali” ujarnya di sela-sela RAT.

Lebih lanjut Andi mengatakan berkat pertumbuhan yang positif ini membuat pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM, semakin percaya dan menunjuk Kospin Jasa sebagai koperasi pertama penyalur KUR.

Selain itu, di sela-sela RAT tersebut Kospin Jasa yang telah mejalin kerja sama dengan Bank Madiri telah meluncurkan KARTU ATM CO- BRAND. Juga dengan Bank BRI terkait layanan transaksi CARDLESS Virtual Account dan transfer online.

Pada kesempatan yang sama Kospin Jasa pun mendapat dana bergulir Rp 50 miliar yang secara simbolis diserahkan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Supomo kepada Andi Arslan Djunaid dan disaksikan Teten Masduki.

Dalam RAT kali itu yang juga bersamaan dengan pemilihan pengurus dan pengawas,  Andi Arslan Djunaid kembali terpilih sebagai Ketua Umum Kospin Jasa periode 2020-2024. Bersama dia juga terpilih Khadafi Yahya (Ketua), H Sahroni (Sekretaris Umum), H Romi Oktabirawa (Sekretaris), Budi Setiawan (Bendahara Umum) dan H Bahroji (Bendahara). (Yan).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button