Jawa Timur

Kepala Lapenkop Jatim : Pandemi Covid-19 Bukan Alasan Melaksanakan RAT dengan Dengan Sembarangan

Sidoarjo, PipNews.Co.Id – Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai pemegang pemegang kekuasaan tertinggi, RAT tidak boleh tidak dilaksanakan atau dilaksanakan dengan seadanya (asal terlaksana). RAT harus menjadi momentum mengambil keputusan yang efektif dan tepat dalam merancang pengembangan koperasi kedepan dalam situasi pandemi seperti ini. Mengingat betapa krusialnya peran RAT tersebut tanpa mengabaikan maksud, tujuan dan keabsahannya maka ia harus dipersiapkan, dilaksanakan dan ditindaklanjuti secara profesional, produktif dan efisien.

Untuk itulah, LAPENKOPWIL Jawa Timur melalui online class-nya Sunday Training Bathc 2 pada tanggal 21 Februari 2021, akan mengupas tuntas bagaimana melakukan adaptasi RAT di masa pandemi secara konseptual dan praktis berdasarkan pengalaman para narasumber. RAT adalah kewajiban pengurus untuk melaksanakkannya sebagai mandataris koperasi untuk mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan selama 1 tahun yang lalu dan merancangkan program kerja dan anggaran koperasi untuk tahun selanjutnya.

“Jangan pernah beralasan karena pandemi melaksanakan RAT dengan sembarangan asal ada apalagi tidak melaksanakannya sama sekali. Pengurus jangan pernah mengibiri hak anggota untuk mengikuti RAT yang sesuai aturan, efektif dan produktif. Peraturan yang ada membolehkan RAT dilaksanakan secara virtual, tertulis ataupun menggabungkan keduanya.” Tegas Faishol Chusni, Kepala LAPENKOP Wilayah Jawa Timur sekaligus tuan rumah Sunday Training. Kamis (19/2/2021).

Faishol menjelaskan bahwa RAT dalam situasi pandemi memang bisa dilaksanakan dengan berbagai metode dan media, tetapi sangatlah penting memperhatikan kaidah yang berlaku, kondisi para anggota dan desain RAT yang tepat, produktif dan efektif.

Pengurus dan panitia pelaksana RAT harus menguasai secara konseptual RAT yang adaptif pandemi, bagaimana mempersiapkan rancangannya dan pelaksanaannya sebaik mungkin. “Sebagaimana komitmen kita untuk menjadikan Sunday Training sebagai ekosistem baru melakukan transformasi koperasi yang modern dan profesional, kami akan menghadirkan para narasumber yang sangat berpengalaman dan sangat kompeten dalam membahas tema ini tetapi secara praktis sudah melaksanakan RAT adaptif dalam kondisi pandemi ini, yaitu Arifudin Direktur LAPENKOP Nasional yang juga seorang konsultan dan pelatih senior koperasi, Achmad Kamil seorang praktisi koperasi, Pelatih Senior LAPENKOP Nasional dan Irwansyah Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) KEBAL Kota Bandung yang juga seorang fasilitator pemberdayaan koperasi nasional.” Demikian ketarangan Faishol.

Metode yang dikembangkan dalam training ini berbasis pada metode andragogy (pendidikan bagi orang dewasa). Sehingga dalam proses belajar, meskipun tidak melakukan tatap muka dan interaksi langsung, peserta tetap dapat berinteraksi dan memberikan feedback serta mempraktikkan apa yang telah dipelajari sehingga diharapkan peserta benar-benar mampu menguasai materi yang diberikan lengkap dengan contoh format-format yang diperlukan dalam RAT tersebut.

Pastikan anda bergabung dan belajar bersama dalam Sunday Training, segera hubungi panitia untuk mendapatkan penawaran menarik via WA 62 815-1599-9163 sedangkan link pendaftarannya di bit.ly/trainingsunday. [Hus]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button