Jawa Timur

Ketua Dekopinwil Jatim Meminta Agar Gerakan Koperasi Fokus Pada Sektor Riil

Bangkalan, PipNews.Co.Id – Ketua Dekopinwil Jatim mengatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 dan era globalisasi yang sudah merasuk ke masyarakat baik kota maupun desa, maka Dekopinda sebagai wadah gerakan koperasi sekaligus sebagai rumah besar bagi gerakan koperasi. Wajib untuk melaksanakan fungsi Dekopin yakni advokasi, edukasi dan fasilitasi.

“Dimasa pandemi seperti saat ini, Dekopinda wajib melaksanakan fungsi Dekopin. Bentuknya adalah dengan melakukan berbagai soasialisasi kepada masyarakat agar melaksanakan tatakelola ekonomi berbasis koperasi,” ujar Slamet Sutanto saat memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) Dekopinda Kabupaten Bangkalan, Minggu (27/12/2020)

Tidak hanya itu, secara khusus Slamet Sutanto meminta kepada gerakan koperasi agar lebih fokus pada koperasi produsen, konsumen dan jasa.

Menurutnya, tiga jenis koperasi tersebut saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena di masa pademi Covid-19, masyarakat masih beraktifitas dan melakukan pekerjaan di rumah.

Tetapi, Slamet Sutanto mengingatkan agar mempermudah transaksi tersebut, maka koperasi perlu melakukan transformasi digital.

“Koperasi yang saat ini memiliki prospek untuk berkembang adalah Koperasi Produsen, Konsumen dan Jasa. Salah satu Wujudnya adalah koperasi ketahanan pangan. Namun, itu semua harus didukung oleh transformasi digital. Tanpa hal tersebut, mustahil bisa berkembang,” tandasnya. [Mr.C]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button