Jawa Timur

Sesuai Kepres No. 6 Tahun 2011, Dekopinda Layak Mendapat APBD

Lumajang, PipNews.Co.Id – Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dekopinwil Jatim, Drs. H. Joko Rokhani Sanjaya, MM menilai bahwa sesuai Kepres No. 6 Tahun 2011, Dekopinda sangat layak untuk mendapatkan APBD dari pemerintah daerah setempat. Baik berupa hibah secara langsung maupun anggaran anggaran dari dinas koperasi.

“Dekopinda sebagai lembaga non struktural sangat layak mendapatkan dana APBD sesuai Kepres No. 6 Tahun 2011 pasal 2 ayat (1) dan ayat (3). Kedudukannya sama seperti KONI, PKK dan PMI,” ungkap Joko Rokhani saat memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) Dekopinda Kabupaten Lumajang, Senin (28/12/2020).

Pihaknya sangat menyayangkan jika selama ini Dekopinda tidak mendapatkan anggaran APBD. Oleh karena itu, Joko Rokhani bertekad bersama pimpinan Dekopinwil Jatim akan melakukan komunikasi dan silaturrahmi kepada pemerintah daerah se-Jawa Timur agar Dekopinda bisa diperhatikan.

Tetapi pihaknya berharap agar Dekopinda juga lebih intensif melakukan komunikasi dan pro-aktif dalam menunjukkan eksistensinya dengan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya berkoperasi.

“Secara kelembagaan, Dekopinda perlu menunjukkan eksistensinya dengan selalu melakukan sosialisasi tentang pentingnya berkoperasi”

“Tidak hanya itu, peran dan fungsi Dekopin juga perlu disampaikan kepada masyarakat agar mereka paham bahwa Dekopin merupakah rumah besar perjuangan bagi gerakan koperasi. Yaitu meningkatkan SDM melalui pendidikan, advokasi konsultasi hukum dan fasilitasi temu usaha,” ujar Joko Rokhani.

Program Ketua Terpilih
Ketua terpilih periode 2020 – 2025, Imam Soepardi melalui keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa kedepan gerakan koperasi di Kabupaten Lumajang akan diarahkan pada sektor riil salah satunya adalah ritel modern. Menurutnya ritel modern akan menjadi alternatif bagi gerakan koperasi ditengah lesunya usaha simpan pinjam.

Selain itu, penguatan jaringan usaha koperasi menjadi salah satu program unggulannya. Menurutnya, kerjasama antar koperasi dan kerjasama dengan pihak BUMN dan BUMS perlu digalakkan karena akan mampu meningkatkan produktifitas koperasi. [Mr.C]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button