Jawa Timur

Sunday Training, Mengupas Tuntas Wajah Baru Koperasi Indonesia dan Menolak Pesimisme Menguatkan Optimisme

Sidoarjo, PipNews.Co.Id – Kepala Lapenkop Wilayah Jawa Timur, Moh Faishol Chusni mengatakan bahwa lahirnya UU Cipta Kerja, PP 7 tahun 2021, kondisi pandemi Covid-19, era revolusi industri4.0, isu SDG’s dan tumbuhnya semangat berkoperasi generasi muda Indonesia adalah beberapa momentum yang terlalu mahal untuk dibiarkan berlalu begitu saja. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar koperasi dapat adaptif dan kreatif memanfaatkan momentum tersebut.

Lapenkop Jatim meyakini di setiap kondisi dan tantangan ada peluang yang besar. Tetapi tergantung kita memaknainya. Masa depan koperasi harus mampu dijawab oleh stakeholders dengan aksi nyata, inovasi dan kerja keras bersama. Mengurangi keluhan dan membuang jauh pesimisme bahwa koperasi seakan ditakdirkan untuk kerdil.

Menurutnya, tidak ada perjuangan tanpa tantangan, ada banyak masalah yang dihadapi koperasi dari dulu hingga kini. Oleh karena itu, tidak ada gunanya jika terus mengeluh karena tumpukan masalah yang menjadi beban koperasi tidak bisa maju berkembang.

“Kita sering terjebak dengan pendekatan berbasis masalah (problem based approach), kita pintar mengidentifikasi masalah tetapi lemas setelah menerima kenyataannya. Seharusnya, kita tatap spirit baru dengan pendekatan appreciative inquiry, yaitu pendekatan mengapresiasi apa yang sudah baik dan menguatkannya menjadi kekuatan yang lebih besar. Ambil sisi positif yang telah dicapai. InsyaAllah masalah akan terkikis dengan sendirinya,” tegas Faishol Chusni.

Jadwal Sunday Training

Untuk itulah, Lapenkop Jawa Timur melalui online class-nya Sunday Training Volume 2 Bulan Maret ini mengangkat tema Wajah Baru Koperasi Indonesia: Transformasi regulasi, mental, mindset, tata kelola, bisnis dan ekosistem digital. Faishol Chusni berharap tema ini dapat mengangkat optimisme baru masa depan koperasi Indonesia.

Acara yang dilaksanakan secara online dalam 3 batch yaitu tanggal 14, 21 dan 28 Maret 2021 pukul 10.00 – 13.00 WIB, akan mengupas tuntas mulai dari perubahan regulasi, arah baru koperasi modern Indonesia yang berjati diri, perubahan mindset dan mental koperasi, tata kelola koperasi yang modern, bisnis model baru yang penuh inovasi dengan mengadaptasi tantangan zaman serta membangun ekosistem digital koperasi di Indonesia.

“Sunday Training ini bukan Webinar yang sifatnya satu arah, tetapi ekosistem diskusi yang hidup, dimana para peserta tidak hanya mendengarkan dan bertanya jawab akan tetapi dapat memberikan pemikiran kritisnya untuk kemajuan koperasi Indonesia, spesialnya lagi Sunday Training kali ini juga memberikan tawaran kerjasama program digitalisasi koperasi, fasilitas yang menarik seperti doorprize berupa barang dan potongan harga mengikuti Uji Kompetensi SKKNI yang diselenggarakan oleh Lapenkop bagi yang memenuhi syarat tertentu”

“Pastikan anda bergabung dan belajar bersama dalam Sunday Training, segera hubungi panitia untuk mendapatkan penawaran menarik via WA 62815-1599-9163/081362907255,” pungkasnya. [FH]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button