Jawa Timur

Wakil Walikota Batu Siap Bersinergi Bersama Dekopinda Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Kota Batu, PipNews.Co.Id – Wakil Walikota Batu, Ir. H. Punjul Santoso, SH, MM, menilai bahwa koperasi memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu pemerintah dalam memulihkan kondisi perekonomian di era pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya bersama gerakan koperasi akan bersinergi dalam meningkatkan dan membentuk koperasi yang sehat dan tangguh di Kota Batu.

“Dimasa pandemi Covid-19, koperasi memiliki peran yang sangat strategis dalam memulihkan kondisi ekonomi yang saat ini mengalami kontraksi. Kami berharap gerakan koperasi dapat bersinergi dalam mewujudkan koperasi yang sehat dan tangguh agar kondisi ekonomi ini bisa segera stabil,” ujar Punjul Santoso saat memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) Dekopinda Kota Batu, Sabtu (19/12/2020).

Keseriusan Pemerintah Kota Batu dalam membangun koperasi yang sehat dan tangguh ditunjukkan Punjul Santoso dengan mengatakan bahwa pihaknya siap membantu program kerja Dekopinda Kota Batu.

“Kami siap membantu Dekopinda Kota Batu dalam menjalankan program kerjanya. Salah satunya dalam bentuk hibah dari APBD,” tandasnya.

Menanggapi niatan baik Wakil Walikota Batu tersebut, Ketua Dekopiwil Jatim, Slamet Sutanto, SE, MM menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan langkah yang tepat dan cerdas sehingga patut untuk diapresiasi. Menurutnya, Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi akan lebih mudah melakukan konsolidasi bersama pengurus dan anggota koperasi dalam mewujudkan pemulihan ekonomi.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar Dekopinda segera melakukan konsolidasi baik secara internal maupun secara eksternal bersama pihak yang terkait yaitu pemerintah daerah.

“Tentu kami sangat berterima kasih atas niatan Bapak Wakil Walikota untuk bersinergi dengan Dekopinda. Semoga pemerintah daerah yang lain di Jawa Timur bisa mengikuti langkah Pemerintah Kota Batu”

“Saya berharap pengurus Dekopinda segera melakukan konsolidasi. Bentuknya adalah dengan melakukan maping data dan evaluasi agar terbentuk data base koperasi yang valid sehingga lebih mudah dalam menyusun renstra dan program kerja. Dan hasilnya perlu dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat” ungkap Slamet Sutanto.

Kota Batu sebagai salah satu kota yang memiliki destinasi wisata, tidak luput dari pengamatan Slamet Sutanto, menurutnya gerakan koperasi harus mampu melihat pontensi tersebut sehingga dapat dijadikan alternatif usaha bagi koperasi.

“Kota Batu ini merupakan Kota Wisata. Seharusnya koperasi juga perlu terlibat dalam manajemen pengelolaan tempat-tempat wisata di Kota Batu,” pungkasnya. [Mr.C]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button