Kopi Indonesia Raih 23 AVPA Gourmet Paris

Pipnews.co.id, Paris – Baru saja kali pertama turut serta dalam ajang kompetisi produsen kopi bergengsi dunia yang diadakan di Paris Perancis (23/10), Indonesia sudah bikin gaduh.

“Kegaduhan” berupa standing applause ini terjadi tatkala Indonesia didapuk menjadi pemenang kedua perolehan AVPA Gourmet Paris setelah Kolombia, dihadapan 170 produsen kopi senior dari seluruh dunia seperti diantaranya Brazil, Kamerun, Kolombia, Kongo, US (Hawai), Gabon, El Savador, Honduras, Kenya, Laos, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Tanzania dan Togo.

Kopi Indonesia berhasil mendapatkan 23 penghargaan AVPA Gourmet yang diberikan kepada 11 produsen kopi nasional dan hanya kalah tipis dari Kolombia yang berhasil memenangkan 25 penghargaan untuk 14 produsen kopi asal negaranya .

AVPA (Agency for Valorization of the Agricultural Products) merupakan kelembagaan independen yang mempunyai integritas tingkat dunia di dalam memberikan penilaian atas kualitas kopi yang yang dihasilkan negara-negara penghasil kopi dunia untuk pasar Eropa.

Setiap tahunnya AVPA mengadakan kompetisi “Coffee roasted in their country of origin” kepada seluruh produsen roasted coffee di dunia untuk dipasarkan ke negara-negara di Eropa.

Tampak dalam sesi acara seremonial, Presiden AVPA Philippe Juglar memberikan penghargaan AVPA Gourmet kepada Deputy Chief of Mission KBRI Paris Agung Kurniadi dan Country Manager AVPA Indonesia Annelis Putri, berbarengan gelaran SIAL (Salon International de’ I’Alimentation) Agrofood, salah satu pameran Agrikultur terbesar dunia.

Kopi Indonesia memenangkan seluruh kategori awards seperti Gold Gourmet, Silver Gourmet, Bronze Gourmet hingga Simple Gourmet sehingga membuat kaget Presiden juri dan ahli organoleptik AVPA, Andre Rocher.

“Pengalaman saya menjadi penanggungjawab utama penentu kualitas kopi baik saat dipercaya di Douwe Egberts di tahun 1971 hingga Jacobs and Kraft Food (Mondelez International) di tahun 2009, kualitas kopi Indonesia tidaklah masuk kopi berkategori pasar dunia. Namun sekarang, kualitas kopi Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dan ini mengagetkan saya,” akunya.

Serge Edmond sebagai juri anggota pun mengamini. “Kopi Indonesia memiliki kualitas roasting yang baik. Hanya saja terkadang beberapa produsen masih terlihat me-roastingkopi mereka terlalu dark atau very dark roast. Padahal penggila kopi di Perancis lebih menyukai ligt dan medium roast,” jelasnya.

Mendapatkan penghargaan AVPA Gourmet bagi beberapa jenis kopi Indonesia ini tentu prestasi yang membanggakan. Penghargaan ini menandaskan bahwa kualitas kopi Indonesia sudah masuk standart pasar Eropa.

“Diharapkan para produsen dan roastery di Indonesia hendaknya lebih kompak lagi untuk berpromosi agar produk kopinya familiar bagi masyarakat Eropa seperti yang dilakukan oleh produsen dari negara Amerika Latin dan Amerika Tengah,” kata Annelis Putri Country Manager AVPA Gourmet yang juga Koreponden Luar Negeri suarapetani.com di Paris Perancis.

Bravo Kopi Indonesia! … (sumber: suarapetani.com/mas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.