10 Menteri Bidang Ekonomi Rapat di Bali Bahas Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19

Pipnews.co.id, Bali – Dalam rangka membahas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan akselerasi anggaran program penanganan strategis Covid-19 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) telah mengadakan rapat bersama dengan sembilan menteri ekonomi di bawah Kemenko Perekomian.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang memimpin Rspat.Koordinasi menyebutkan, dalam rapat ini akan membahas tentang program dan kebijakan strategis dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 dari sisi ekonomi. Salah satunya melalui percepatan realisasi belanja pemerintah dan program strategis jangka pendek untuk mendorong percepatan realisasi anggaran.

“Saat ini kami tengah membahas hal yang terkait dengan strategi percepatan realisasi belanja, strategis program, tahun ini ekonomi tumbuh positif,” kata Airlangga di Hotel Sofitel Denpasar, Bali tempat di mana rapat diadakan pada 21-22 Agustus 2020.

Mengutip keterangan resmi, Airlangga meyakini percepatan belanja pemerintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020. Untuk itu menurutnya saat.ini, pemerintah tengah mendorong strategi tersebut dengan berbagai upaya ekstra.

“Kami juga siap menyiapkan pemantauan sistem, evaluasi yang rutin dan teratur koordinasi untuk percepatan realisasi belanja ini,” tutur Airlangga.

Dalam rapat ini, program yang sedang dipersiapkan, yakni pinjaman PEN Daerah yang diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 105/2020. Tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk program PEN, Program Padat Karya Peremajaan Sawit Rakyat (PRS), Pengembangan Desa Digital dan UMKM Digital. Program Penambahan kuota alokasi Kartu Pekerja, Program Padat Karya Dalam Pembangunan Proyek Strategis Nasional. (PSN).

The Kementerian dan Lembaga turut.mengajukan beberapa Usulan Program, yakni Program Bangga Buatan Indonesia, Program Beli Karet untuk Aspal 2020-2021, Program Beli Bahan Baku Industri Kecil dan Menengah, Program Beli Produk UMKM, Program Beli Produk Rakyat melalui pegadaian serta Program Padat. Karya Penyangga Wisata.

Rapat Koordinasi ini secara fisik dihadiri sembilan menteri ekonomi, yaitu Menteri Perdagangan Agus Supamanto. Menteri Perindustrian Agus Suparmanto. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Riset dan Teknologi / Kepala BRIN Bambang PS Brojonegoro, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Wakil Menteri BUMN. Budi Gunadi Sadikin. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.