13 Juta Karyawan Swasta yang Gajinya Dibawah Rp 5 Juta Akan Dapat Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan

Pipnews.co.id, Jakarta – Kabar baik bagi pekerja swasta, bahwa pemerintah akan memberikan stimulus lanjutan demi mendorong konsumsi rumah tangga. Stimulus ini salah satunya untuk karyawan swasta yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani  Indrawati mengatakan, para pekerja yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan akan mendapat bantuan gaji dari pemerintah. “Pemerintah sedang mengkaji untuk memberikan bantuan gaji kepada 13 juta yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta per bulan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta (5/8).

Dia melanjutkan, anggaran yang disediakan pemerintah untuk itu sebesar Rp 31,2 triliun. Dengan demikian dipastikan 13 juta para pekerja penerima bantuan akan mendapat stimulus sebesar Rp 600 ribu perbulan dan berlang untuk selama 4 bulan.

Menurut Sri Mulyani bantuan tersebut diberikan pemerintah, lantaran program realisasi penyerapan program pemulihan ekonomi nasional yang sebesar Rp 695,5 triliun juga belum.maksimal. Untuk sektor kesehatan misalnya, dari anggaran Rp 87,5 triliun baru terealisasi sebesar Rp 6,35 triliun, atau baru Rp 7,25 triliun.

Selanjutnya, program perlindungan sosial baru terealisasi Rp 85,3 triloun dari Rp 239,1 triliun. Untuk sektoral dan Pemda baru terserap Rp 7,4 triliun dari Rp 106,05 triliun.

Sementara untuk pelaku UMKM baru terealisasi Rp 31,2 triliun dari Rp 123,46 triliun dan insentif pajak bagi dunia usaha sebesar Rp 16,2 triliun dari anggaran sebesar Rp 120,6 triliun.

“Untuk korporasi sebesar Rp 53,57 troliun sampai hari ini belum ada terealisasi, tapi minggu depan akan ada beberapa realisasi yang terjadi,” tutur Sri menurup penjelasannya. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.