27 Juni Hari Peringatan UMKM Internasional Ditetapkan Melalui Resolusi PBB Tahun 2017

Pipnews.co.id, Jakarta – Peringatan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jatuh pada tanggal 27 Juni, dan tanggal ini ditetapkan melalui Surat Resolusi PBB Tahun 2017. Dengan demikian pada 27 Juni 2020 kemaren adalah Hari Peringatan UMKM ke-III.

Hari UMKM Internasional digagas oleh International Council for Small Business (ICSB) sebagai organisasi dunia yang fokus yang fokus memberdayakan UMKM sejak tahun 1955. Namun demikian sebelum resmi diumumkan sebagai Hari UMKM Internasional ada tujuh negara yang juga tercatat sebagai inisiator Hari UMKM ini, termasuk Indonesia.

“Lainnya, adalah Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan, Kuwait, Mesir dan Argentina. Kala itu 16 Juni 2016, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga bersama enam negara ini, ikut hadir di Markas PBB di New York membahas penetapan Hari UMKM ini,” kata Jefri Dendeng, Dirertur ICSB Sulawesi Utara saat memperingati Hari UMKM di Manado tahun 2018 lalu.

Sementara itu, Presiden of ACSB (Asia Council for Small Business)-Kaukus Asia ICSB Hermawan Kartajaya mengatakan perayaan pertama secara internasional Hari UMKM dilaksanakan di Buenos Aires, Argentina pada 27 juni-1 Juli 2017 bersamaan dengan ICSB World Conference ke-62.

“Sedangkan di Indonesia pertama kali diperingati pada 27 Juni 2018 yang dituan-rumahi ICSB Indonesia, dan diselenggarakan secara serentak pada empat kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Banda Aceh dan Menado,” kata Hermawan. Seraya menambahkan, maksud diadakannya Hari UMKM Internasional adalah untuk menunjukkan dukungan global terhadap kontribusi sektor usaha kecil dan menengah.

[Soalnya lanjut dia, meskipun UMKM berperan signifikan dalam roda perekonomian suatu negara, keberadaan mereka sering dilupakan. Maka itu harapannya, dengan memperingati Hari UMKM setiap tahunnya eksistensi UMKM semakin diakui secara nyata. “Semoga,” imbuhnya. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.