Bangun Brand Lokal Berbasis Komunitas juga Menjadi Program Menkop dan UKM

Pipnews.co.id, jakarta – Penyelenggaraan event Kopi Konservasi M BLoc Space sebagai wahanai baru kekinian yang diharapkan bisa menjadi perantara, bahkan marketplace bagi produk UMKM. Dalam event ini akan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Di event tersebut pula bakal menghadirkan beberapa pelaku usaha kopi lokal yang mulai menjamur di Tanah Air. Kopi Konservasi menjadi upaya agar pengelolaan kopi juga memperhatikan kelestarian alam dan hutan sebagai ladang pengembangan kopi.

Hal itulah yang diungkapkan dalam audensi Founder M Bloc Space PT Ruang Riang Milenial (RMM) Handoko Hendroyono, bersama pihak Direktur Keuangan PT Peruri Persero Nungki Indraty kepada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di kantor Menkop pada Selasa (14/1), terkait pelaksanaan event Kopi & Konservasi yang bakal dilaksanakan pada 20 Januari mendatang di M Bloc.

Pada kesempatan itu Teten pun berharap event di M Bloc Space itu akan mampu menjadi hub atau penghubung antara pelaku usaha dengan market demand. M Bloc Space diminta menjadi marketplace dari produk-produk lokal maupun UMKM. “M Bloc salah satu model bisnis yang baik dengan memanfaatkan aset milik negara untuk edukasi serta bisnis secara bersamaan,” ujarnya.

Teten menambahkan dalam program kementerian, pihaknya melakukan revitalisasi pasar, membangun pasar malam termasuk memanfaatkan aset-aset negara di perusahaan pelat merah yang tak terpakai dengan konsep tanah terbuka, gedung-gedung lama menjadi marketplace akan menggerakkan perekonomian masyarakat. Masih kata Teten, sebenarnya banyak aset BUMN yang bisa dikelola, seperti M Bloc lahan PT Peruri Persero, aset milik Kereta Api dan PT Pos yang bisa direfungsi secara optimal. “Itu jadi bagian kerja sama kami dengan Kementerian BUMN memanfaatkan aset BUMN yang tak produktif untuk marketplace UMKM berbasis komunitas. Karena market kita sangat besar,” tandas Teten.

Melalui marketplace Teten berharap UMKM bakal menaikkan levelnya. Karena Kemenkop dan UKM akan mendorong produk UMKM go global. Jadi bagaimana ngebranding produk kopi misalnya menjadi kopi yang bersaing di kelas dunia, lewat marketplace. Bahkan M Bloc sebagai penyelenggara event tersebut bisa membangun kluster kopi, dimulai dari para pengusaha kopi. “Misalnya di Jakarta Selatan, bisa dibangun pub khusus kopi dan terus kembangkan produk lokal berbasis komunitas. Saya sangat mendukung konsep (seperti) M Bloc Space bisa direplikasi di berbagai kawasan,” ujarnya lagi.

Founder M Bloc Space PT Ruang Riang Milenial (RMM) Handoko Hendroyono, menambahkan memang berkeinginan mengembangkan yang seperti M Bloc di kota-kota lain seperti Bandung maupun Surabaya. “Jadi tak hanya membangun brand produknya saja tapi juga komunitas. Bukan cuma M Bloc saja, tapi pihak lain pun tak silakan. Karena M Bloc diharapkan menjadi salah satu role model yang sudah ada. Dan bisa diikuti oleh beberapa pihak serta lokasi yang lain,” pungkasnya. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.