Nasional

Belum Semua Provinsi Tampilkan Produk Unggulan UKM Daerahnya di Gedung Smesco

Pipnews.co.id, Jakarta – Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran-Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi mengungkapkan bahwa terkait dengan keberadaan Paviliun Provinsi sejak 2010 yang menampilkan aneka produk UKM dari seluruh provinsi di gedung Smesco Indonesia Jakarta, belum semua provinsi menampilkan produk unggulannya dan belum terkurasi dengan baik.

“Kontinuitas produk yang tidak berjalan, di samping produk yang ditampilkan juga masih sangat sedikit. Selain itu, tingkat kunjungan customer ke Paviliun Provinsi masih sangat rendah sehingga tingkat perputaran produk yang ditampilkan sangat rendah,” ujar Emilia melalui keterangan tertulis di Jakarta (16/3/2018).

Berdasarkan data, kata Emilia, target tingkat kunjungan di setiap lantai Paviliun Provinsi belum ideal. Hal ini terkait dengan tidak terintegrasinya antara paviliun yang satu dengan lainnya. Perlu adanya integrasi antarpaviliun dan pembagian area secara berimbang. Jumlah kunjungan ini memiliki korelasi yang positif dengan jumlah omzet di Paviliun Provinsi.

“Oleh karena itu, perlu kiranya program promosi dapat diupayakan seefektif mungkin yang imbasnya bisa dapat dilihat melalui peningkatan jumlah pengunjung, baik di Galeri Indonesia WOW maupun Paviliun Provinsi,” jelas Emilia.

Menurut Emilia, positioning Smesco sebagai pusat promosi dan pemasaran produk KUKM Indonesia akan diperkuat dengan branding Smesco Indonesia. Selain itu, kesiapan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi untuk mengirimkan produk unggulan daerah ke Paviliun Provinsi sehingga dapat menjaga ketersediaan stock inventory dan dapat dijadikan sebagai produk potensial ekspor.

Hal lainnya, lanjut Emilia, display permanen produk unggulan daerah di Paviliun Provinsi Gedung SME Tower yang saat ini terdiri dari 4 lantai menjadi 2 lantai. Dinas Provinsi juga diharapkan untuk mendukung dan berpartisipasi pada event promosi tahunan Smesco.

“Dengan dasar itulah dalam rangka memperkuat akses pasar produk KUKM, khususnya Paviliun Provinsi, LLP KUKM melakukan Revitalisasi Paviliun Provinsi yang bertujuan untuk menjadi pusat promosi dan pemasaran produk-produk unggulan KUKM seluruh Indonesia dan sebagai destinasi belanja dan pusat oleh-oleh Indonesia,” tutur Emilia. (Yan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button