Bertemu Jepang dan Hongkong, Tiongkok, Asean Bahas Upaya Pemulihan Ekonomi Regional

Pipnews.co.id, Jakarta – Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto pimpin Delegasi Indonesia pada Pertemuan Konsultasi ke-26 para Menteri Ekonomi Asean (AEM)-Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI Jepang) secara virtual pada Jumat (28/8). Pertenuan ini merupakan rangkaian Pertemuan ARM yang berlangsung pada 22-29 Agustus 2020.

Mendag Agus menjelaskan, pada pertemuan tersebut para menteri mengapresuai upaya upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan hubungan ekonomi Asean dan Jepang dimasa pabdemi Covid-19. Para menteri juga menyambut baik rekomendasi yang diberikan dalam menciptakan “new ero business environment” melalui percepatan digitalisasi, pengembangan sumber daya manusia dan penguatan rantai pasok regional.

“Asean dan Jepang perlu melakukan terobossn dalam memulihkan kondisi ekonomi di masa pandem8 Covi d-19 melalui percepatan digitalisasi aktivitas perdagangan dana.perwujudan kebijakan yang inovatif,” kata Agus dalam siaran pers (29/8).

Untuk itu lanjut Agus, para menteri menyambut baik usulan Jepang untuk melaksanakan Dialogue for Innovative and Sustainable Growith (DISG) yang merupakan salah satu aksi kongkrit dari Asean Japan Economic Ressilience Action Plan yang telah diluncurkan pada 29 Juli 2020.

“Para menteri juga menyambut baik implementasi the First Protocol to Amend AJCEP Agreement oleh lima Anggota Negara Asean dan Jepang. Ditargetkan, implementasi penuh protokol tersebut oleh seluruh pihaj Asean dan Jepang dapat terlaksana pada November 2020. Protokol ini akan memperdalam dan memperluas kerjasama ekonomi Asean dan Jepang yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kedya pihak dumasa pandemi Covid-19,” tutur Agus.

Meburut Agus, sebelum berlangsungnya Pertemyan Konsultasi ke-26, para Menteri Ekonomi Asean (AEM) dan Menteri Ekonomi/METI Jepang, para menteri melakukan dialog dengan Federation of Japanese Chambers of Commerce and Industry in Asean (FJCCIA), Asean Japan Business Council, dan The Japan External Trade Organization (JETRO).

Pertemuan Indonesia-Hongkong, China (AEM-HKC)

Masih Agus, sebelumnya di hari yang sama, Durektur Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo telah.mewakili Mendag Agus Suparmanto memimpin Delegasi Indonesisla pada Pertemuan Konsultasi AEM-Hongkong. China (AEM-HKC) ke-4. Dirjen Iman mengungkapkan, para menteri mendorong implementasi penuh persetujuan Asean-Hongkong China Free Trade Agreement (AHKFTA) dan Asean-Hongkong, China Invesnment Agreement (AHKIA) oleh semua pada tahun ini mengingat Kamboja masih dalam tahap akhir proses prosedur ibterbal ratifikasi.

“Indonesia telah mengimplemebtasikan Perjanjian AHFTA dan AHKIA sejakb4 Juli 2020. PemerintahvIndonesia bersama sektor swasta aksn melakukan serangkaian outreach program untuk mebgimformasikan para pemangku kepentingan mengenai fasilitas dan preferensi yang ditawarkan perjanjian ini,” kata Iman Pambudy.

Iman menambahkan, guna memanfaatkan perjanjian tersebut, Indonesia akan menjalinnkerjasama yang lebih erat dengan.Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) di Jakarta untuk meningkatkan bisnis antara Indonesia Hong Kong dan Tiongkok sekaligus memanfaatkan Hong Kong dan Tiongkok sebagai batu loncatan penetrasi yang lebih dalam ke pasar Tiongkok.

Pada pertemuan tersebut, para menteri juga.menyambut tahap I Proyek Proposal Economic and Technical Cooperation (ECOTECH) Work Progeam 2020 dan mendorong agar proyek tersebut segera dilaksanakan tahun ini. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.