Nasional

Bisnis Koperasi Diminta Perluas Pasar Online, Itu Kata Presiden Jokowi

Pipnews.co.id, Tangerang 12 Juli 2018

Saat membuka puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 pada tanggal 12 Juli 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada gerakan koperasi di Tanah Air agar menggarap dan memperluas pasar di platform online yang memiliki daya jangkau luas.

“Hal-hal seperti ini harus mulai dimasuki dan pelan-pelan nanti berkembang dengan aplikasi-aplikasi yang lebih canggih seperti mulai jualan di platform e-commerce di Tokopedia, Bukalapak, Lazada misalnya, atau membuat online store sendiri,” kata Jokowi) dihadapan ribuan insan koperasi yang memadati Indonesia Convention Exhibition ( ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, tempat dimana Harkopnas ke-71 diselenggarakan.

Jokowi mengatakan, pasar itu sangat potensial mengingat-anak-anak muda sekarang sebagai pasar terbesar semuanya akrab dengan platform berbasis online seperti Instagram, Twitter, dan YouTube.

Ia berharap ingin koperasi turut serta merasakan dampak pemasaran melalui online. “Sekali kita sudah masuk ke Instagram, Twitter, YouTube akan terasa sekali bahwa internet itu betul-betul global,” katanya.

Ia menambahkan bahwa internet memungkinkan pemasaran tidak lagi mengenal batasan antar-negara.

“Sekali kita masuk ke sana artinya kita sudah langsung global, dan itu juga kenapa kita sekarang benar-benar sudah hidup dalam sebuah era globalisasi,” imbuhnya lagi.

Dengan internet kata Presiden, tidak ada lagi jarak sebab, komunikasi dan interaksi semakin mudah. Dan dengan jarak yang semakin tidak relevan, Indonesia suka tidak suka telah menjadi terbuka karena ada teknologi termasuk internet.

“Dalam kondisi seperti ini menjadi sangat penting kita juga belajar dari yang terbaik yang ada di dunia. Mari kita lihat bersama contoh-contoh terbaik yang namanya koperasi dari seluruh dunia. Saya ingin ada satu, dua, tiga, empat, lima (koperasi) yang masuk 100 besar atau 300 besar koperasi global,” katanya.

Satyalancana Pembangunan/Wirakarya

Tidak hanya meninjau Harkopnas Expo, pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan berupa Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya kepada sejumlah pejabat dan tokoh koperasi yang dianggap telah ikut berjasa membina dan mengembangkan koperasi.

Empat orang diantara yang beruntung mendapat Anugerah Satyalancana Wira Karya, adalah Andi Arslan Djunaid (Ketua Umum Kospin Jasa), Jabmar Siburian (Ketua Umum Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM), L. Prediyanto (General Manager (GM) Koperasi Kredit (Kopdit) CU Obor Mas, Maumere NTT, dan Kamaruddin Batubara Presiden Direktur Koperesi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Koperasi dan UKM AAGN menyerahkan penghargaan berupa Bakti Koperasi kepada sejumlah Bupati dan Walikota dan tokoh koperasim yang dianggap telah berjasa. Kecuali itu juga diserahkan penghargaan kepada koperasi terbaik dengan menyandang gelar sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018.

Dalam acara yang juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) dengan PT Pelayan Oil Samudera dalam urusan penyaluran BBM-Solar kebutuhan nelayan. (Yan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button