Nasional

BKPM : 57 Ribu Perusahaan Mendaftarkan Diri untuk Mendapatkan NIB dan 37 Ribu Diantaranya Datang dari UKM

Pipnews.co.id, Jakarta – Selama Juni 2020 terdapat 57 ribu perusahaan datang  mendaftarkan diri untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Namun lebih separuh, atau sebanyak 37 ribu datang dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Juru Bicara Komite Penanaman Modal BKPM Tina Talisa mengatakan, dengan melihat perusahan perusahaan yang mendaftar memberikan cerminan, bahwa investasi yang masuk itu tidak selalu perusahaan asing dan perusahaan besar. Kenyataannya perusahaan yang terdaftar sistem online single submission (OSS) BKPM saat ini justru didominasi UKM dalam negeri. “Sejak datanya ada di OSS, selalu jumlah presentasenya lebih besar pelaku UKM. Ini menunjukkan, bahwa sebetulnya investasi itu tidak selalu besar dan tidak selalu asing,” kata Tina dalam Talk Show Corona bertajuk “Prospek dan Tantangan Investasi di Era Adaptasi” di Graha BNPB Jakarta Timur (17/7).

Tina, yang mantan penyiar televisi ini menjelaskan, jenis usaha yang didaftarkan sebagian besar makanan dan kesehatan. Perusahaan ini pun bukan hanya perusahaan produksi, tapi juga banyak perusahaan yang bergerak dibidang distributor. “Jadi ini bukan semua perusahaan produsen, tapi juga bisnis distributor,” ujarnya.

Tina menambahkan sejak pandemo Corona mewabah, perijinan dari sektor kesehatan selalu yang paling banyak. Disusul sektor BPOM dan perdagangan. Padahal sebelum pandemi sektor kesehatan kurang diminati pelaku usaha.

Melihat ini Tina menilai, pelaku usaha di Indonesia sangat adaptif dan pandai membaca peluang. Terbukti dengan produksi alat kesehatan dalam  negeri sudah bisa di ekspor ke negara lain. Harga alat pelindung diri juga sudah relatif turun dan stabil. Tidak seperti awal pandemi harganya melonjak. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button