Nasional

CEO Youtap Indonesia Herman: Merchant UMKM Naik 15 Kali Lipat

Pipnews.co.id, Jakarta – Perusahaan penyedia aplikasi dagang Youtap Indonesia menutup tahun pertamanya 2020 dengan hasil yang positif. Apilikasi ini telah memproses lebih 2,5 juta transaksi dan diadopsi oleh lebih 100.000 pedagang dari berbagai kalangan.

CEO Yuotap Indonesia Herman Suharto mengatakan, tahun 2020 memang menjadi sebuah tahun yang membawa tanrangan terlebih adanya pandemi. Namun situasi ini jyga mendorong masyarakat untuk bisa semakin kreatif dalam beradaptasi dengan memanfaatkan teknoligi. ”Kami juga bangga karena solusi kami telah mendapat kepercayaan dari perusahaan terkemuka untuk mengembangkan produk dan layanan mereka,” kata Hernan dalam konperensi pers virtual Yoytap 2020 di Jakarta Senin (21/12).

Di segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lanjut Hernan, jumlah merchant yabg tergabung dalam ekosistem digital Youtap meningkat 15 kali lipat di semester kedua. “Saat ini pengguna platform Youtap sudah lebih dari 100.000 merchant di kelas enterprice dan UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 40 persen dari merchant Youtap didominasi sektor kuliner seperti tempat makan dan kedai kopi,” ujar Herman.

Menurut dia, hasil positif yang dicapai Youtap ditahun pertamanya berkat produk yang dihadirkan berdasarkan dari hasil riset yang dilakukan Youtap. “Kami punya tim riset in house yang kerjaannya memang melakukan riset mengetestproduk apa yang cocok buat UMKM Indonesia, dan setelah produk baru kita luncurkan dan kemudian kita lakukan survei lagi untuk tahu gimana responnya dan apa yang harus kita kembangkan lagi,” ucapnya.

Herman menambahkan, dalam riset yang dilakukan Youtap pihaknya telah mengidentifikasikan profil pelaku usaha yang dibagi dalam empat persona.  Yaitu Pejuang Harian, Pengikut Arus, Pencari Peluang dan Pemimpi Tangguh. “Empat pesona ini, untuk memudahkan Youtap untuk menyampaikan pesan yang tepat tentabg Youtap ke segmen segmen ini dan menawarkan layanan yang cocok untuk masing masing segmen,” jelas CEO Youtap lagi.

Lebih lanjut dijelaskan, Pejuang Harian yakni segmen  pelaku usaha yang menjalankan usaha untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan hariannya saja. Lalu Pengikut Arus, yaitu segmen yang sudah punya inspirasional yang harus diikuti, kemudian Pencari Peluang adalah segmen yang sudah punya rencana bisnis dalam jangka pendek dan paham adanya resiko dalam memiliki usaha.

Terakhir adalah Pemimpi Tangguh, yakni segmen pelaku usaha yang sudah memiliki rencana bisnis dalam hitungan jangka panjang. “Empat pesina ini mencermInkan UMKM keseluruhan di Indonesia dan dari empat pesona tersebut paling banyak pengguna Youtap berada di segmen pencari peluang dan Pemimpi Tangguh,” ujar Herman.

Ia berharap, dengan Youtap diadopsi Pemimpi Tangguh dan  Pencari Peluang yang Pengikut Arus yang akan ikutan dan Pejuang Harian mau ikut berkembang. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button