Dana BLT dari Banpres Senilai Rp 2,4 Juta Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi Siang Ini

Pipnews.co.id , Jakarta – Program Bantuan Produktif dari Presiden atau bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 2,4 juta per pelaku usaha mikro sudah dicairkan kepada 742.422 pengusaha mikro, sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2020 lalu. Disampaikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan, seperti dikutip kompas.com ..

Masih sumber Prof Rully, bantuan tahap pertama telah digulirkan dan sudah berada di rekening masing-masing penerima pada Senin lalu, sebelum resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 24 Agustus 2020.

Lanjut Prof Rully, untuk mengambil tindakan positif, resminya akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB di Istana Kepresidenan dan juga akan menghadirkan 742.422 pelaku mikro, baik secara langsung maupun secara virtual. “Pada saat tersebut, dana sebanyak Rp 2,4 juta, juga akan dikirim langsung secara total kepada 12 juta pelaku usaha mikro,” jelasnya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mereka yang menerima dipastikan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Antara lain syaratnya yaitu para pelaku usaha mikro yang tidak menerima kredit modal kerja dari perbankan (unbakable). Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat indikasi dari pengusul, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI / Polri dan bukan pegawai BUMN / BUMD.

Teten juga meminta bantuan kepada seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan menempatkan diri ke dinas koperasi yang berada di domisilinya. “Kepada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan, lekaslah aktif memasukkan diri melalui dinas koperasi terdekat,” tandasnya. (esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.