Dana Hibah Untuk UMKM Sebesar Rp 2,4 Juta Sudah Mulai Disalurkan Sejak Senin 17 Agustus

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Keuangan (Menkeu) memastikan pencairan dana hibah atau banuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 2,4 juta bagi pekaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah mulai dilakukan sejak hari Senin (17/8).

“Dipastikan hari Senin ini BLT sebesar Rp 2,4 juta untuk UMKM sudah mulai dicairkan,” kata Staf Staf Ahli Bidang Keuangan Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa Nugrahs kepada wartawan  (18/8). Dia mengungkapkan pencairannhari pertama tersebut sudah mencapai sekitsr 700.000 UMKM yang.menerima dana hibah. Artinya, pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar Rp 1,68 triliun.

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, ada 12 juta UMKM yang akan menerima BLT, Namun untuk tahap awal sudah dialokasikan ubtuk 9,1 juta penerima dengan total anggoran Rp 22 triliun.

Adapun dana hibah hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang mendapat atau menerima bantuan pinjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan (urbankable). Program ini dimulai 17 Agustus samapai 31 Desember 2020 denfan skema berupa uang senilai Rp 2,4 juta per pelaku UMKM yang dibayRkan satu kali melalui bank penyalur.

Untuk mendaftar, pelaku usaha diidentifikazi dan diusulkan oleh lemvaga pengusul. Diantaranya dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM provinsi, kabupatan /kota, koperasi yang yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK dan lembaga penyalur program kredit pemerintah yabg terdiri atas BUMN dan BLU.

“Saat ini, terkumpul 17,23 juta  pelaku UMKM yang bersumber dari kementerian/lembaga, Dinas Koperasi dan UMKM Selindo, Koperasi LKM, Himbara (BRI, BNI), BUMN,  PNM, Pegadaian dan lainnya. Selanjutnya dilakukan validasi di Kementerian Koperasi dan UKM,” kata Teten Masduki. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.