Delapan Komoditas Pertanian Asal NTT di Ekspor ke Timor Leste Via Perbatasan

Pipnews.co.id, Kupang – Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat ekspor komoditas unggulan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berjalan disepanjang pandemi Covid-19 yang masih terus berkepanjangan.

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Kupang melepas ekspor delapan komoditas tujuan negara Timor Leste dengan menggunakan jalan darat melalui Pos Lintas Batas Negara Motaain di Kabupaten Belu, NTT akhir pekan lalu.

“Meski pandemi, lalu lintas ekspor terus berjalan dengan baik, dan sebagaimana biasanya ini disebabkan oleh permintaan ekspor pertanian yang terus bergulir ke manca negara, dan khususnya ke Timor Leste,” kata Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang dalam siaran pers di Kupang (14/10).

Sepanjang tahun 2020 hingga minggu pertama bulan Oktober, dari data pada sistem perkarantinaan IQFAST di wilayah kerjanya, Yulius menyebutkan nilai ekspor pertanian NTT telah mencapai angka Rp 26,6 miliar. Sektor perkebunan berupa kayu jati (meubel jati) yang turut menyumbang ekspor tertinggi dari NTT selama pandemi ini. Selam September 2020 saja, komoditas ini telah disertifikasi sebanyak 191 meter kubik dengan nilai Rp 2 miliar.

Komoditas ekspor tersebut lanjut Yulius, telah dipasikan sehat dan aman dan telah sesuai dengan persyaratan ekspor negara tujuan unggulan dengan menerbitkan sertifikasi jaminan bebas dari penyakit tumbuhan.

“Permintaan kayu jati di pasar ejspor pun terus bergulir meski masa pandemi ini, karena itu kami lakukan serangkaian tindakan karantina untuk memastikan seluruh komiditas yang ekspor terbebas dari organisme pengganggu tumbuhan sebelum sampai di negara tujuan,” ujar Yulius.

Sebagai informasi, komoditas kayu jati semakin diminati pasar internasional karena kualitas dari kayu jati lebih kuat dan bertahan lama. Selama ini kayu jati yang digunakan untuk membuat mebel kebanyakan didatangkan dari kabupaten Malaka di daratan pulau Timor  NTT.

Tidak hanya kayu jati yang mendulang devisa melalui ekspor ke Timor Leste, tapi sejumlah komoditi lainnya. Di antaranya kedelai, rumput laut dan DOC broiler yang juga menjadi komoditas unggulan provinsi NTT yang diminati manca negara. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.