Gagasan Bung Hatta tentang Koperasi Sangat Penting untuk Terus Dirawat

Pipnews.co.id, Jakarta – Koperasi di era kekinian bisa menjadi wadah ekonomi untuk meningkatkan pemeraraan kesejahteraan masyarakat. Ini sejalan dengan pemikiran Bung Hatta tentang pentingnya berkoperasi, sehingga sangat relevan untuk terus diperjuangan. Pemikiran Bung Hatta tersebut sangat kelihatan bahwa salah satu solusi pemerataan itu adalah memang koperasi.

Demikian diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga usai beziarah ke makam Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang merupakan Bapak Koperasi Indonesia di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Rabu (11/7).

Menkop juga menyitir pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mengatakan bahwa keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak diikuti oleh pemerataan kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat. “Jadi kalau pertumbuhan bisa saja meningkat, cuma belum tentu bisa diikuti oleh pemerataan kesejahteraan masyarakat, maka solusinya di sini adalah koperasi,” tandasnya.

Sementara Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid sependapat dengan Puspayoga. Menurut Nurdin pemerintah dan stakeholder terkait, harus menjadikan koperasi sebagai pelaku ekonomi dominan agar bisa mempersempit kesenjangan, maupun mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang selama ini menjadi kekhawatiran bersama. “Karena dengan koperasi maka pasti kesenjangan akan dipersempit, pengangguran dan kemiskinan juga akan berkurang,” ujar Nurdin.

Adapun Ziarah ke makam Bung Hatta merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang puncaknya akan dilaksanakan di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten pada 12 Juli 2018 besok. Rencananya Presiden Jokowi akan hadir dalam acara tersebut.

Turut hadir dalam Kegiatan ziarah ini antara lain Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Sekjen Dekopin Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno, Muthya Hatta yang juga putri Bung Hatta, serta para pegiat dan pelaku koperasi.

Rombongan mengawali kegiatan di TPU Tanah Kusir dengan upacara bendera dan memanjatkan doa bersama atas perjuangan Bung Hatta yang telah meletakkan pondasi awal berdirinya koperasi di Indonesia. Sebelum menutup acara ziarah Puspayoga dan rombongan menabur bunga bersama, diakhiri dengan menandatangani buku tamu.

“Kita ziarah ke sini satu tanda bahwa generasi penerus bangsa ini, pemerintah dan juga Dekopin tentu tetap konsisten dalam melanjutkan perjuangan Bung Hatta. Gagasan beliau untuk mendorong koperasi menjadi koperasi yang sesuai yang diamatkan beliau tentu kita perjuangan,“ ucap Neddy. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.