Giliran “Si Doel Anak Sekolahan” Ajak Pelaku UMKM Raih Kesuksesan dalam Berbisnis

Pipnew.co.id, Pangkal Pinang – Duta Koperasi Indonesia dalam mengajak masyarakat Bangka Belitung (Babel) untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten menjalankan usaha. Hal ini tersebut disampaikan Rano Karno dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Babel, Kamis (15/11).

Lebih lanjut Rano Karno dihadapan Ketua Dekranas Mufida Jusuf Kalla dan hadirin, memaparkan tentang apa itu sukses dan bagaimana cara mencapainya. Rano pun mengutip teori Brian Tracy, bahwa “Sukses merupakan kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang Anda senangi dan hormati.”

Terhadap definisi tersebut, Rano pun telah mempraktekan dengan medirikan usaha kuliner di garasi rumahnya. Terkait bisnis yang dimilikinya itu, kata dia berbisnis memang harus sesuai dengan apa yang ingin dan senang untuk dikerjakan atau bahkan merupakan hobi dari si pelaku usaha. “Ada orang yang berhasil, tapi ternyata itu bukan keinginan dia. Sehingga hidup dia menderita,” tambahnya.

Rano juga menyebut salah satu startup unicorn yang tidak ia sangka akan sesukses saat ini, yaitu GO-JEK dan Bukalapak. Nilai investasi GO-JEK yang cukup tinggi dari berbagai perusahaan asing maupun lokal, membuat GO-JEK kini mampu menguasai pasar di Indonesia dan berekspansi ke beberapa negara. Sementara Ahmad Zaky pemilik Bukalapak kata Rano bukanlah lahir dari kalangan orang kaya. “Namun kini sukses ia menjadi pengusaha e-commerce terbesar di Indonesia,” tandasnya.

Selain itu, Rano juga menceritakan kesuksesan dari pengusaha legend Bob Sadino dan pemilik Alibaba e-commerce terbesar di Cina, Jack Maa. Dengan mencermati dari kisah-kisah sukses tersebut, Rano pun berharap para pelaku usaha, khususnya di Babel termotivasi untuk mengejar kesuksesan melalui bisnis mereka. “Sukses yang pasti adalah tercapainya tujuan Anda. Apa tujuan Anda? Tanyakan ke diri Anda sendiri,” ujar Rano.

Rano mengakui bahwa kesuksesan bukan sesuatu yang mudah. Bahkan untuk meraihnya seperti saat ini, Rano sempat mengalami kendala, karena orangtuanya tidak mengizinkan dirinya menjadi seorang seniman. Tetapi atas kendala itu kata Rano, membuat dirinya makin termotivasi untuk lebih total dan serius menjalankan hobinya, yaitu ber-acting. Dengan semangat besar ia ingin membuktikan kepada orangtuanya bahwa ia bisa sukses dari hobi yang digelutinya itu.

Hingga masyarakat luas pun tahu Rano Karno tumbuh menjadi seorang Aktor terkenal, bahkan pernah menjadi Wakil Bupati hingga Gubernur Provinsi Banten. Hanya saja Rano mengatakan sayang ayahnya tidak sempat melihat kesuksesannya itu karena lebih dulu meninggalkannya untuk selama-lamanya.

“Jika hari ini harus mengalami kegagalan dengan satu bidang bisnis, maka bangkitlah dan mulai lagi bisnis yang lain. Jika hal itu terjadi lagi, ulangi kembali dan terus lakukan sampai kesuksesan dapat diraih,” pesannya. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.