Nasional

Giliran Teten Masduki Ajak KKP Bersinergi, Demi Sektor UMKMK Cepat Bangkit

Pipnews.co.id, Jakarta – Untuk mensejahterakan rakyat Indonesia memang menjadi tugas pemerintah, sebagai pengelola negara. Semua sektor kehidupan dan lini ekonomi menjadi perhatian. Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini rakyat kecil terpuruk. Demikian sektor usaha yang dilakukan wong cilik juga terseok-seok. Karenanya, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan dan eragam program. Terutama sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Kementerian Kopersi dan UKM yang memiliki tanggung jawab pembinaan terhadap sektor UMKMK pun tak tinggal diam melakukan upaya-upaya untuk membangkitkan kembali usaha sektor tersebut. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga telah mengajak bersinergi dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta dan BUMN. Kali ini yang diajak bersinegi adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tujuannya adalah, selain untuk membantu peningkatan taraf hidup para nelayan juga mengembangkan sekto UMKMK Kelautan dan pesisir yang menjadi binaan, Kementerian pimpinan Edhy Prabowo. Menurut Teten misi besarnya menggandeng KKP adalah untuk membentuk dan mengembangkan koperasi di sektor perikanan. 

Masih diungkapkan Teten dalam soft launching Pasar laut Indonesia dan Sistem Resi Gudang Ikan secara Virtual, di Jakarta, Rabu (19/8). Pijakannya untuk giat melakukan sinergi demi pengembangan sektor UMKMK adalah perintah Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan dan menaikkelaskan UMKM, karena tak dipungkiri jumlah pelaku usaha di negeri ini 99% merupakan UMKM. “Karena Pak Presiden minta untuk meningkatkan menaikkan kelas UMKM. Apalagi pelaku usaha di Indonesia 99 persen adalah UMKM, jadi inilah sekiranya Pak Edhy kita perlu kerja sama untuk membentuk koperasi di sektor perikanan,” ujar Kemenkop dan UKM.

Teten menambahkan, dengan pengembangan koperasi ini diharapkan bisa memudahkan pengelolaan ekonomi di sektor perikanan Indonesia. Kata Teten, bahwa saat ini Indonesia beruntung dengan perkembangan teknologi, terutama setelah adanya platform-platform digital yang bisa menghubungkan produk-produk nelayan-nelayan kecil, petani-petani kecil, ke pasar yang lebih luas dengan lebih cepat.

Untuk itulah Teten berharap kerja sama antara KKP dan Kementerian Koperasi dan UKM bisa terus diperkuat, terutama dalam membangun koperasi-koperasi perikanan yang potensinya cukup besar. “Salah satu koperasi yang bisa dibentuk adalah koperasi tambak. Hal ini sesuai dengan instruksi presiden kepada KKP untuk mengembangkan 300 ribu hektare tambak,” tandasnya.

Teten juga mengatakan kalau pihaknya saat ini sedang fokus pengembangan koperasi pangan, salah satunya komoditi perikanan. Oleh karena itu, sangat penting berkoperasi agar skala usaha yang kecil-kecil menjadi lebih besar. Sehingga kegiatan produksinya menjadi lebih efisien dan hasil panennya menjadi lebih berskala.

Demikian lanjut Teten dalam hal pembiayaannya juga menjadi mudah sera akses pasarnya menjadi lebih besar. “Kita harus mulai berani mengubah bagaimana nelayan-nelayan perorangan menjadi berkelompok dan berkoperasi. Kemudian dari skala usaha-usaha yang kecil, kita konsolidasi menjadi usaha yang berskala. Ini juga koperasi akan menjadi partner dalam pembinaan dan pengembangan UMKM,” pungkasnya. (Esawe).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button