Gojek dan Kemenkop dan UKM lalukan MoU Terkait Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Kewirausahaan

pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan berbasis aplikasi online Gojek. Kerja sama itu terkait pemberdayaan dan peningkatan kemampuan para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui program Gojek Wirausaha.

MoU tersebut telah dilakukan antara Deputi bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto, dengan Chief of Public Policy and Government Relation Gojek Dyan Shinto E. Nugroho di Jakarta, Senin (20/5).

Menurut Rulli apa yang telah dilakukan Gojek dalam mengembangkan UMKM ini, secara tidak langsung telah mendukung gerakan kewirausahaan dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru di tanah air. “Ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Rulli. 

Masih kata Rulli, Gojek kini sudah menjadi fenomena tersendiri yang dilengkapi dengan fitur GoRide, GoFood, GoSend, GoShop, GoBox dan lain-lain. Adanya penandatanganan MoU tersebut, Rulli berharap dapat mewujudkan komitmen dalam pemberdayakan dan peningkatkan daya saing UMKM. Khususnya pelatihan yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan skala bisnis, keterampilan dan kesejahteraan UMKM di Indonesia melalui teknologi.

Sebab imbuh Rulli, era Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dihindari. Era dimana teknologi informasi berkembang sangat cepat. Para pelaku usaha pun dituntut mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi, sebagai konsekuensi dari kemajuan teknologi informasi.  

Adapun bagi Gojek, pada kesempatan yang sama juga melakukan MoU dengan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono.

Menurut Chief of Public Policy and Government Relation Gojek, Dyan Shinto E Nugroho, kolaborasi strategis antara dua Kementerian dengan pihanya ini, secara umum bertujuan membantu pelaku UMKM supaya bisa naik kelas. Juga dimaksudkan mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM pada ekonomi digital. “Gojek selalu mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM supaya terus tumbuh. Dengan kerja sama ini kami berharap menjadi kunci akselerasi bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” tandas Dyah Shinto. 

Hadir pula pada kesempatan tersebu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Gojek Andre Sulistyo, Deputi Produksi dan Pemasaran Victoria br Simanungkalit, Dirut Baznas Arifin Purwadinata, Dirut Jasa Raharja dan para undangan. (Slamet A Wijaya). 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.